Bingung

Kalau sedang bingung cari tahu disini

Tips Sederhana Menasehati Anak yang Berbohong

- dalam Parenting oleh

Sebagai orangtua pastinya kita selalu ingin memiliki anak yang bersikap jujur. Karena kejujuran sangatlah diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku jujur pada anak akan mudah mengetahui mana hal baik dan buruk. Oleh karenanya, ayah dan bunda perlu mengajarkan sikap jujur pada si kecil sejak dini. Namun, jika si kecil terlanjur berbohong maka kita sebagai orang tua wajib mengajarkan sedini mungkin, supaya anak senantiasa jujur atau mencegah anak berbohong lagi. Untuk lebih detailnya lagi, yuk kita baca artikelnya dibawah ini.

Ini beberapa cara mengatasi anak yang berbohong

Katakan bahwa Anda menyukai kejujuran meskipun menyakitkan

mendidik anak jujur

Pertama, mengatakan hal sejujur mungkin itu perlu sekali meski sangat menyakitkan sekalipun. Karena kejujuran itu sifatnya mutlak, tidak bisa ditolenransi. Satu hal perlu selalu ingat, yaitu jangan sekali-kali berkata bohong pada anak. Meskipun perkataan tersebut bisa menyakitkan perasaannya. Katakan padanya bahwa Anda sangat menyukai sebuah kejujuran walaupun menyakitkan. Dengan Anda mengatakan seperti tersebut si kecil pun akan berlatih untuk bersikap jujur.

Tunjukkan rasa cinta kasih kepada anak

alasan bohong

Kedua, rasa cinta yang tulus ditunjukan orang tua pada si kecil akan membuatnya menjadi terbuka ketika ada masalah. Berlaku sebaliknya, jika orang tua tidak menunjukkan rasa cinta kasihnya pada si kecil ia maka akan lebih menutup diri pada kita, anak akan terbiasa meyimpan sendiri jika ada masalah. Justru hal seperti ini sangat disayangkan, karena memperlebar jarak antara ortu & anak.

Pendekatan secara lembut, namun tetap bersikap tegas

Setiap anak pasti memiliki alasan mengapa mereka harus berbohong. Permasalahan yang terjadi pada si kecil harus kita sikapi secara bijaksana. Buatlah si kecil menyadari atas kesalahan yang diperbuatnya. Dengan begitu si kecil tidak akan mencoba untuk mengulangi kesalahan tersebut dilain waktu. Perlu kita ingat, jangan berprasangka buruk dulu pada si kecil. Berilah kesempatan pada si kecil menjelaskan mengapa ia berbohong. Nah, itulah tadi beberapa poin untuk mengatasi anak yang berbohong, semoga bermanfaat.

Comments