Bingung

Kalau sedang bingung cari tahu disini

Si Kecil Sering Takut Diajak Ke Dokter? Coba Lakukan Ini

- dalam Parenting oleh

Kebanyakan anak-anak jika diajak periksa ke dokter takut, kenapa? Alasannya cukup singkat juga jelas, yaitu takut disuntik. Hemmm.... dalam pemikiran anak-anak dokter sih lebih identik dengan menyuntik. Sebenarnya tidak semua orang datang ke dokter pasti disuntik. Dengan adanya pemikiran tersebut, akhirnya anak-anak jika diajak ke dokter takut atau enggan sekali.

anak penakut

Nah, pemikiran seperti ini harus dirubah agar si kecil tidak takut lagi jika diajak pergi ke dokter. Lalu, bagaimana caranya agar si kecil tidak takut lagi jika diajak pergi ke dokter? Tenang, jangan bingung ataupun pusing dulu ya! Disini akan bagikan sedikit pengetahuan baru supaya bisa mengatasi si kecil yang "mogok" saat diajak pergi ke dokter. Yuk, simak artikelnya dibawah.

Inilah beberapa cara menghilangkan rasa takut si kecil saat ke dokter

Menemaninya

Setiap kali akan memeriksakan si kecil ke dokter, usahakan selalu menemaninya. Sebab keberadaan orang terdekat sangat dibutuhkannya sehingga membuat si kecil merasa aman serta nyaman. Namun jika kita sebagai orang tua tidak bisa menemaninya, maka jangan biarkan ia sendirian. Alangkah baiknya jika saudara terdekat bisa jadi pendamping si kecil, kakek atau neneknya. Mengapa? Pasalnya, saat orangtua yang mengantarnya atau menemaninya ke dokter berbincang-bincang dengan dokter. Si kecil pun merasa bahwa yang memeriksanya tadi adalah teman, sehingga bisa membuat si kecil nyaman dan tidak takut.

Mengajak bermain dokter-dokteran

permainan dokter gigi

Salah satu cara bisa gunakan untuk menghilangkan rasa takutnya setiap kali pergi ke dokter, yaitu mengajak si kecil bermain dokter-dokteran. Dengan peralatan main yang dimiliki si kecil, ajak ia bermain dokter-dokteran. Caranya, yaitu kita sebagai dokter sedangkan si kecil menjadi pasien. Selanjutnya lakukan aktivitas yang biasanya dilakukan pada saat berada diruangan dokter.

Misalnya memeriksa mulut, mengecek peredaran darah dan detak jantung. Nah, dengan bunda mengajak bermain dokter-dokteran si kecil akan bisa memberikan imajinasi padanya bahwa dokter itu menyenangkan. Sehingga jika si kecil diajak ke dokter akan berani & bersemangat.

Menghilangkan rasa takut anak

Sebagai orangtuanya jangan sekali-kali ngucapkan kalimat “tidak akan sakit” atau yang lainnya. Kalimat tersebut tidak baik sekali untuk si kecil, alangkah bijaknya jika menceritakan mengenai pengalaman ke dokter yang menyenangkan.

Selain beberapa hal diatas tadi, berikanlah pemahaman pada si kecil bahwa tidak semua orang yang pergi ke dokter pasti akan disuntik. Ingat, jangan juga Anda mengatakan dokter tidak akan disuntik, sebab jika nanti ia disuntik si kecil pasti merasa dibohongi. Demikian informasi yang dapat bisa disampaikan, semoga bermanfaat!

Comments