Bingung

Kalau sedang bingung cari tahu disini

3 Faktor Berpengaruh Pada Daya Tahan Kayu

- dalam Rumah oleh

Penggunaan kayu sebagai salah satu material utama rumah sangat sering ditemukan, baik berbentuk lantai, dinding, plafoon, rangka atap, kusen dan bahkan bisa juga digunakan untuk tiang dalam struktur rumah panggung.

Ketika bangunan rumah baru selesai dikerjakan mungkin rumah kita akan kelihatan sangat kokoh dan menarik, tapi karena sifat dari kayu yang mudah berubah oleh pengaruh cuaca dan mudah rusak oleh pengaruh dari serangan rayap, maka dalam waktu beberapa lama tanpa kita sadari struktur rumah yang kita pakai sudah rusak atau kekuatannya sudah tidak bagus lagi.

Pemilihan jenis kayu untuk struktur rumah saat perencanaan manjadi suatu penting dilakukan, karena semua itu akan menjaga biaya yang cukup besar baik saat pemeliharaan maupun saat perbaikan.

Pemilihan Jenis Kayu

Jenis kayu yang kuat dan keras biasanya lebih tahan terhadap pengaruh iklim sekitar, jenis kayu api, kayu merah, kayu jati, maupun kayu cadar adalah kayu yang sangat bagus terhadap pengaruh iklim.

Untuk pengaruh yang disebabkan oleh serangan rayap jenis kayu jati dan kayu merbau adalah suatu pilihan yang paling tepat karena 2 jenis kayu ini memiliki bau yang menyengat oleh karna itu jenis kayu tersebut kurang disukai rayap.

Walau pemilihan jenis kayu sudah kita lakukan dengan maksimal, kita tetap harus melakukan pemeliharaan terhadap bagian-bagian rumah yang menggunakan bahan dari kayu, agar kayu dalam struktur rumah tetap terjaga secara maksimal. Kini kita bahas beberapa hal yang mempengaruhi keawetan dan kekuatan dari kayu pada bangunan rumah anda

Daya Tahan Kayu Dari Binatang

kayu dimakan rayap

Binatang-binatang yang sering menyerang kayu ialah kumbang penyengat, rayap, dan juga tikus. Untuk kumbang penyengat, biasanya mereka mencari-cari tempat yang gelap seperti di rangka atap. Mereka sering membuat lubang di kayu sebagai tempat untuk mereka bersembunyi.

Kini tentang rayap, binatang yang satu ini hidup dalam satuan besar yang sangat suka tempat yang lembab dan gelap, karna bentuknya yang kecil kita sering tidak memperhatikan binatang ini tau-tau sudah merusak bangunan rumah kita hingga kayu sudah berlobang ataupun berongga. Demikian juga tikus pengerat kayu ini merupakan binatang yang sangat menyebalkan, dimana tikus ini akan mengerat di kayu anda sampai berlubang.

Cuaca Penyebab Kayu Lapuk

kayu lapuk

Kayu sering juga berhadapan dengan udara terbuka yang terletak didaerah curah hujan dan kelembaban yang tinggi akan menyebabkan kayu anda cepat lembab hingga dalam lama kelamaan kayu akan menyerap air lalu kayu mengembang dan memungkinkan kayu menjadi melengkung kesalahan satu sisinya.

Hal yang lainnya yang mungkin terjadi jika kayu terlalu sering terkena air atau pengaruh udara yang lembab ialah kayu akan membusuk atau lapuk.

Pembebanan Berat Bikin Kayu Patah

Pembebanan disini ialah jumlah berat yang diberikan kepada kayu tersebut yang mungkin tidak sesuai terhadap kayu akan membuat lengkungan pada kayu dan kayu juga bisa sampai patah.

Hal ini mungkin tidak berpengaruh secara langsung tapi serat kayu akan tertarik jika beban itu semakin berat, apalagi jika dipengaruhi oleh unsur luar yang misalnya oleh kelembaban, kekuatan kayu akan cepat memurun hingga kayu akan patah.

Comments