Bingung

Kalau sedang bingung cari tahu disini

Masih Cari Free Backlink Dari Blog Dofollow ? Mau Tahu Efeknya ?

- dalam SEO SEM oleh

Saya yakin masih banyak orang suka dengan gratisan termasuk backlink, salah satu metodenya harvest "taut balik" via blog dofollow. Niat berbagi memang patut diapresiasi, namun saya akan sedikit mengkoreksi bagaimana cara mendapatkan backlink yang benar. Sekali lagi teknik ini tidak sepenuhnya salah karena tautan yang kamu peroleh dari blog dofollow akan dicatat dalam webmaster tools atau yang sekarang berganti nama google search console. Ingat yah bahwa "kualitas sangat diperhatikan oleh mesin pencari" dan "kualitas itu bukan diukur dari DA & PA (moz)", apalagi PR yang tak ada update lagi.

free backlink dari blog dofollow

Kondisi sekarang sangat jauh berbeda, google melalui algoritma rumitnya bisa memfilter mana link natural, buatan, profile, maksa, tidak relevan dan spam. Saya tanya lagi, apakah masih mau cari backlink blog auto approve hanya dengan memberikan komentar ? Dugaan lain masih percaya pada ebook jaman jebot (maaf), percaya sama mentor (pembicara) yang mengatakan cari backlink pakai tools canggih ini sebanyak mungkin sampai lupa apa sih tujuan sebenarnya kamu bikin blog/website, buat apa ? sebagai bahan motivasi bagi kamu juga saya bahwa bisnis online itu benar bisa menghasilkan uang meskipun hanya membuat blog,

Bodo Amat, Pokoknya Cari Backlink

Ok, jika tulisan diatas masih belum menyadarkan anda. Silakan cek & introspeksi melalui pertanyaan mudah dibawah ini :

  • Sudah berapa jumlah tautan sekarang ? jangan bilang "bagaimana cara ceknya".
  • Berapa jumlah domain yang tertaut dengan situs/blog ? ini juga sama kayak poin pertama.
  • Apa efeknya ?
  • Berapa jumlah traffic atau pengunjung blog/web dari pertama dibuat sampai sekarang ?

Jika tidak efek sama sekali setelah sekian lama (apalagi jika malah terasa buruk), lebih baik hentikan sekarang juga.

Tips Terakhir

Lalu lintas situs atau adanya visitor memang belum bisa dipisahkan dari backlink (silakan link menu search console). Namun mendapatkan backlink yang banyak bukan berarti pengunjung juga banyak, silakan pertimbangkan efektifitasnya.

Semoga bermanfaat.

Comments