Bingung

Kalau sedang bingung cari tahu disini

Manfaat Pakai Kaca Transparan Untuk Rumah

- dalam Rumah oleh

Penggunaan kaca transparan untuk desain arsitektur rumah di Indonesia tidak begitu banyak, alasan utama yang sering diutarakan adalah agar menjaga privasi. Padahal ada beberapa keuntungan menggunakan kaca transparan dibandingkan pakai kaca buram.

desain rumah kaca

Kaca merupakan salah satu material untuk desain arsitektur yang populer pada rumah. Hampir setiap rumah pasti menggunakan material kaca selain material kayu, besi, beton, PVC dan sebagainya.

Salah satu yang bagian rumah yang banyak menggunakan material kaca adalah jendela baik itu yang lebar maupun kecil serta pada sebagian pintu dan dinding. Namun beberapa orang masih menganggap jika menggunakan kaca transparan pada rumah, dirasakan rumah seperti terbuka sehingga terlihat dengan jelas bagian dalam rumah jika dilihat dari luar. Privasi merasa terganggu.

Keuntungan Menggunakan Kaca Transparan

Penggunaan kaca transparan dalam rumah jika mau diteliti lebih jauh memiliki beberapa keuntungan. Bahkan hingga saat ini, keuntungan yang didapat jika memiliki jendela kaca transparan yang lebar (biasanya model geser) adalah rumah akan terlihat lebih modern dan mencolok. Apalagi memang arsitektur rumah didesain sebagai rumah kaca.

Selain tampak modern, dengan menggunakan kaca transparan pemandangan di luar rumah dapat terlihat dari dalam rumah. Rumah seperti tanpa dinding yang akan memberi kesan sangat luas. Anda bisa duduk santai di dalam rumah sambil menikmati pemandangan luar rumah tanpa harus keluar. Keuntungan lain adalah sinar matahari bisa masuk berlimpah ke dalam rumah.

Bagaimana solusi dalam mengatasi privasi agar tak terganggu? Anda dapat menggunakan material Vitrage (Vitrace) atau sheers untuk menghalangi pandangan dan mengurangi intensitas cahaya yang masuk. Atau bisa menggunakan kaca film. Kedua material ini adalah solusi paling baik guna menjaga privasi namun tidak menghilangkan keuntungan dari penggunaan kaca transparan.

Kaca transparan bisa juga diaplikasikan menjadi dinding atau sekat pada ruangan sempit agar seperti menyatu dan terkesan menjadi luas. Misalkan jika dapur berdampingan ruang keluarga, menggunakan dinding kaca transparan ruang-ruang tersebut seperti menyatu.

Meskipun itu merupakan dua ruangan berbeda. Bisa saja, memasak sambil melihat TV di ruang keluarga. Cobalah buat jendela yang cukup lebar pada sebagian dinding rumah Anda, bisa di depan, di belakang atau samping rumah dengan menggunakan kaca transparan dan rasakan perbedaan sebelum dan sesudahnya. (dre/arudam)

Comments