Bingung

Kalau sedang bingung cari tahu disini

Tips Jitu Menghentikan Kebiasaan Buruk Si kecil

- dalam Parenting oleh

Si kecil memiliki kebiasaan buruk, sehingga ia dijauhi teman-temannya? Kejadian seperti ini memang menyedihkan. Adapun kebiasaan jelek si kecil, seperti menggigit, memukul, mengancam dan merendahkan orang disekitarnya. Kebiasaan tersebut membuat si kecil dijauhi dan tidak disenangi teman-temannya. Hemmm.... kebiasaan tersebut harus segera ditindak lanjuti bunda agar ia merubah menjadi anak manis. Sebab jika dibiarkan akan berlanjut sampai ia besar. Lantas, bagaimana cara menghentikan kebiasaan buruk yang ada pada diri si kecil ini? penasaran kan? Yuk, baca informasinya dibawah ini!

cara mengatasi bullying anak

Beberapa tips untuk mengatasi kebiasaan buruk si kecil

Tidak membalas kebiasaan buruknya

Dalam mengatasi kebiasaan jelek si kecil jangan balik dibalas. Karena saling membalas kebiasaan buruk bukan cara tepat menyelesaikan masalah. Dengan ayah dan bunda membalas tindakan agresif anak, maka ia akan berasumsi bahwa melakukan tindakan tersebut boleh jika sedang marah. Justru tindakan pembalasan yang dilakukan mengajarkan kesalahan pada anak.

Memperbaiki cara berkomunikasi

Ayah bunda, beberapa anak berkebiasaan buruk bisa dikarenakan ia ingin mendapat perhatian dari orangtuanya. Mungkin ia merasa tidak diperhatikan oleh Ayah bunda, sehingga ia melakukan hal-hal untuk menarik perhatian ayah dan bunda. Nah, untuk itu ayah bunda meluangkan waktu untuk anak sangat penting. Kenapa? Agar komunikasi antara orangtua dengan anak bisa baik. Jadi, sesibuk apapun luangkan waktu berkomunikasi dengan sang buah hati.

Menjadi teladan

Segala perilaku anak biasanya bercermin atau meniru kebiasaan orangtuanya. Adakalanya anak bersikap buruk juga pengaruh didikan orangtua. Sebagai orangtua, berikan suri tauladan pada anak. Jika ayah dan bunda seorang pemarah serta agresif pastinya pribadi anak akan seperti itu. Nah, untuk itu rubah pribadi atau kebiasaan ayah dan bunda tersebut agar tidak dicontoh oleh anak-anak. Itulah tadi beberapa tips menghentikan kebiasaan buruk pada si kecil yang dapat ayah bunda terapkan, semoga bermanfaat.

Comments