Bingung

Kalau sedang bingung cari tahu disini

Cara Mudah Menambal Kusen Kayu yang Keropos

- dalam Rumah oleh

Memiliki rumah dengan kusen kayu baik itu untuk pintu maupun jendela sangat baik, karena terlihat lebih alami dan berkelas. Akan tetapi kusen berbahan material kayu memiliki kekurangan salah satunya adalah rentan terhadap serangan rayap. Terkadang rayap tidak peduli jenis kayu, entah itu kayu jati, kamper, meranti dan lainnya, jika tidak ada yang dapat dimakan, maka kayu akan menjadi sasaran.

jendela minimalis

Meskipun kayu telah dilapisi anti rayap, namun seiring waktu terkadang kita lupa bahwa lapisan anti rayap atau bahan lain bisa pudar dan tidak tahu bahwa rayap telah menggerogoti kusen dirumah, hingga akhirnya membuat kusen jadi keropos. Jika demikian, apa boleh buat, terpaksa mengganti kusen bila keropos sangat parah. Namun jika kusen masih layak dipakai karena keropos tidak begitu parah, masih ada jalan keluar yaitu menambal kusen.

Cara menambah kusen keropos ini sangat mudah dan murah serta dapat dikerjakan sendiri. Akan tetapi sebelum menambal kusen keropos tersebut, jangan biarkan serangan rayap terus berlanjut, basmi serangga tersebut secepat mungkin agar tidak terus menggerogoti kusen dengan obat anti rayap atau minyak tanah.

kusen minimalis

Menambal Kusen Kayu Keropos

Bahan untuk menambah kusen kayu yaitu serbuk kayu, lem kayu dan sedikit air. Bahan-bahan tersebut mudah dicari dan murah. Lem kayu banyak dijual di toko bangunan dan serbuk kayu bisa meminta di penggergajian kayu, tukang mebel atau jika tidak ketemu, ambil sepotong kayu lalu gergaji sendiri, nah serbuk gergajian dari kayu tersebut kita pakai.

Campur bahan-bahan tersebut dengan perbandingan lem dan sebuk kayu kurang lebih 1:10 dan tambahkan air sekitar 10 %. Kemudian aduk hingga benar-benar tercampur merata sehingga akan menghasilkan adonan yang tidak terlalu kental atau encer.

Gunakan adonan tersebut untuk menambal kusen keropos dengan menggunakan kape atau sendok dempul sampai tertutup rata. Biarkan benar-benar kering, jika sudah lakukan finishing dengan menambah dempul kayu, diampelas dan langkah terakhir dicat ulang seluruh kusen. Kusen jadi baru lagi.(dre/arudam)

Comments