Bingung

Kalau sedang bingung cari tahu disini

Trik Mengasuh Anak Untuk Meningkat Rasa Percaya Dirinya

- dalam Parenting oleh

Ayah bunda, setiap anak pasti memiliki karakter kepribadian berbeda. Ada anak bersifat pemberani atau juga pemalu, semua itu tergantung dari pembawaan masing-masing anak. Sebagai orang tua tentunya ayah bunda ingin anaknya bisa bersosialisasi secara baik di sekolah maupun di lingkungan sosial. Nah, disini fungsi kita sebagai orang tua belajar meningkatkan rasa percaya diri anak. Bagaimana caranya? Yuk, simak artikel berikut ini.

Beberapa trik mengasuh anak supaya meningkatkan rasa percaya dirinya

anak pemalu

Memberikan kebebasan berkreasi & menghargai dengan pujian

Ayah bunda, membiarkan anak supaya terus menekuni hobinya bisa meningkatkan keberaniannya agar diperlihatkan kepada orang lain. Caranya, yaitu ayah bunda memberikan pujian pada anak. Pujian tersebut dapat berupa tepuk tangan atau ucapan kekaguman, seperti mencoret-coret kertas seperti menggambar sederhana. Kegiatan itu Anda dukung kemudian berikan reward agar anak tambah meningkat rasa percaya dirinya.

Jangan paksakan kehendak supaya menekuni bidang tertentu

Ayah bunda, memaksakan kehendak pada anak bisa mematahkan semangatnya, karena ayah bunda membatasi cara berpikir anak. Sehingga anak secara terpaksa menuruti semua permintaan ayah bunda minta darinya. Jangan lakukan itu ayah bunda, karena bisa berakibat buruk bagi perkembangan anak. Misalnya, ayah bunda memaksa anak biar mengikuti les renang supaya menjadi atlet, namun anak tidak tertarik dibidang olahraga.

Jangan membandingkan pilihan dan kesuksesan

Membandingkan keberhasilan anak ini yang sering terjadi pada orang tua. Hal ini perlu diperhatikan karena taraf perkembangan anak berbeda. Untuk itu, ayah bunda jangan membanding-bandingkan anak dengan temannya. Kalau ayah bunda membandingkan anak maka ia pun akan merasa dirinya disalahkan. Perlu digaris bawahi ketika ayah bunda marah jangan sampai berteriak. Kejadian tersebut bisa membuatnya tambah merasa bersalah.

Nah, itulah tadi beberapa trik mengasuh anak supaya meningkatkan rasa percaya dirinya yang bisa Anda terapkan. Sebenarnya masih ada trik lainnya yang bisa Anda gunakan, semoga informasi bermanfaat.

Comments