Bingung

Kalau sedang bingung cari tahu disini

Mudah Mengubah Tata Ruang Rumah Minimalis

- dalam Rumah oleh

Rumah minimalis itu tidak identik dengan keterbatasan ruangan. Tapi memang benar terkadang kita merasa bosan dengan tata ruang yang begitu-begitu saja (monoton). Namun rasanya sulit untuk mengubah keadaan bahkan enggan sekali untuk mengatur ulang segala furnitur, perabotan, dan barang-barang dekorasi lainnya.

tata ruang rumah minimalis

Repot dan tak banyak waktu luang kerap menjadi alasan utama kita. Padahal jika kita tepat dalam peletakan perabotan sebuah ruangan bisa mempengaruhi suasana hati dan kenyamanan. Sebenarnya tidak susah dan gak bikin repot kok, karena kuncinya adalah kreativitas dari diri kita sendiri.

  • Coba Buat Sketsa Tata Letak. Jangan hanya dibayangkan saja. Selalu buat sketsa atau corat-coret sederhana mengenai tata ruang yang Anda idamkan. Jika merasa susah membuat sketsa di atas kertas, Anda bisa melatih menata ruangan dengan media sobekan kertas. Sobek kecil kertas sesuai ukuran tiap-tiap perabotan rumah Anda. Lalu, cobalah mengutak-atik posisinya sampai Anda menemukan komposisi yang pas.
  • Singkirkan Benda-benda kecil. Selanjutnya coba singkirkan benda-benda kecil atau pernak-pernik yang ada di ruangan Anda dan fokuslah pada perabotan berukuran besar. Tujuannya agar Anda mendapat ruangan yang lebih lapang dan punya gambaran yang lebih jelas dalam mengatur ulang perabotan.
  • Jangan Halangi Pemandangan. Hindari dalam meletakkan furnitur di depan jendela karena membuat pemandangan jadi terhalang sekaligus membatasi jumlah asupan sinar yang masuk. Ruangan pun jadi tampak gelap lemban dan sempit.
  • Alih Fungsi. Saat menata ulang ruangan, tidak hanya mengatur ulang peletakannya, Anda juga bisa memindahkan perabotan ke ruang lain. Misalnya, kursi besar di samping kamar tidur Anda bisa pindahkan ke sudut ruang santai untuk duduk membaca.
  • Bermain dengan diagonal. Cobalah bermain-main dengan susunan diagonal. Cobalah satu atau dua perabotan dulu. Penempatan furnitur ini secara diagonal tidak hanya membuat visual ruangan menjadi lebih luas, tapi sekaligus menarik.

Comments