Bingung

Kalau sedang bingung cari tahu disini

Cara Memanfaatkan Quality Time Untuk Pendidikan Anak

- dalam Parenting oleh

Ayah dan bunda sesibuk apapun Anda, sebagai orang tua kita dituntut untuk selalu bisa memanfaatkan quality time bersama keluarga. Mengapa? Karena hal ini bisa menciptakan hubungan yang erat antara orang tua dengan anak. Guna menyikapinya, Anda harus sebijak mungkin dalam memanfaatkan "waktu berkualitas" agar hubungan keluarga semakin erat dan harmonis. Lantas, bagaimana caranya memanfaatkan waktu sebaik mungkin bersama anak kita? simak beberapa poin dibawah.

Ini beberapa tips memanfaatkan quality time secara islami

Beribadah bersama

berdoa bersama Mengajak anak melakukan ibadah bersama adalah salah satu parenting islami yang sangat dianjurkan. Seperti ayah dan bunda sebelum memulai melakukan aktivitas harian keluarga diajak melaksanakan sholat subuh berjama’ah. Bahkan jika hari libur ayah dan bunda bisa mengajarkan perlahan bagaimana sholat berjama’ah mulai subuh sampai isya. Selain itu juga diajak membaca kalam Allah serta diselipkan sedikit pencerahan hati. Quality time yang seperti ini sangat penting sekali sebab bisa mendekatkan anggota keluarga dan menambah keimanan.

Makan bersama keluarga

makan bareng keluarga Membiasakan makan bersama sangat perlu supaya mempererat hubungan keluarga. Entah itu hanya sekedar makan atau sarapan setidaknya ada waktu bisa bersama-sama. Makan bareng minimal dilaksanakan 1 kali dalam sehari. Karena makan bersama adalah salah satu memanfaatkan quality time. Sebab pada saat makan bersama, Anda & sang buah hati otomatis bisa saling berbagi pengalaman satu sama lain seharian penuh.

Olahraga Bersama

bersepeda bareng keluarga Melakukan kegiatan olahraga bersama diharapkan seluruh anggota keluarga terlibat bisa berkomunikasi baik satu sama lainnya. Ya, tanpa harus menghilangkan kegiatan olahraga. Dengan melakukan aktivitas olahraga bukan hanya membangun keakraban saja, namun juga memanfaatkan quality time bersama keluarga. Olahraga ini pun bisa membuat badan sehat, sedangkan olahraga yang bisa ayah dan bunda bisa lakukan bareng anak banyak sekali macamnya, seperti bersepeda, jogging, bermain bulu tangkis, berenang dan masih banyak lainnya. Dengan begitu selain memanfaat quality time Anda juga memperoleh manfaat kebugaran tubuh.

Demikian tadi beberapa cara memanfaatkan waktu sempit dalam mendidik anak yang bisa Anda terapkan. Semoga catatan ini bermanfaat.

Comments