Alternatif Lain Menulis Artikel Dibayar, Cukup Di Rumah Saja

Bisa dibilang menulis artikel adalah pekerjaan online yang menghasilkan uang, banyak sekali media daring rela menggaji wartawan, penulis, editor dan sebagainya. Ini bisa dikatakan kelas profesional, karena tidak semua orang punya keahlian khusus & bisa memenuhi kriteria pekerjaan tersebut.

menulis artikel dibayar

Kita tahu dari masa awal pandemi Covid-19 sudah banyak orang terpaksa bekerja di rumah, tentunya termasuk para pekerja pena online. Mereka sudah tidak kaget lagi, karena sudah sejak lama bisa menghasilkan pundi-pundi walaupun tidak keluar rumah. Istilah lain pekerjaan remote atau sekarang banyak disebut WFH, terlebih para freelancer tentu sudah sangat familiar dengan perkerjaan semacam ini.

Terus terang disini saya sekedar berbagi, karena saya bukan seorang penulis. Kebetulan hanya tertarik pada kata "menulis artikel dibayar" dan setelah lihat beberapa situsnya ternyata memang cukup menyakinkan.

Berikut adalah daftar situs yang bisa kamu manfaatkan sebagai penulis artikel lepas guna menghasilkan uang tidak perlu ke kantor cukup di rumah saja.

Perlu kamu ingat, susunan disini tidak berarti bayaran menulis dari situsnya lebih tinggi :

Newnaratif com

Situs asal london, memberikan kesempatan utamanya para freelancer di Asia Tenggara kamu bisa dapat $200 jika artikel full dimuat & jika artikel tidak sepenuhnya dimuat maka hanya dihargai 25% saja.

Mongabay co id

Fokus pada topik seputar lingkungan di Indonesia, situs induknya mongabay com kreasi dari Rhett A. Butler (1999). Tidak hanya bentuk tulisan artikel, mongabay memberikan kompensasi pada foto hasil jepretan seputar lingkungan.

Uniknya lagi, sistem pembayaran tidak mengikat satu artikel, melainnya tiap kata dari artikel yang dimuat. Perhitungannya per kata 750 rupiah, jadi tinggal kamu hitung perkiraan dari artikel kamu bisa menghasilkan berapa.

IDN Times

Ini memang bukan media main stream, tapi bisa dibilang gaya baru media informasi. Kamu bisa jadi penulis artikel disini, sistemnya terbilang unik. Sebagai kontributor kamu bakal dibayar setelah punya minimal 500 poin.

Perhitungan 1 poinnya adalah dari 100 views artikel kamu yang dimuat. Hitungan sederhana dengan 2000 poin bisa mendapatkan 200.000 rupiah.

Geotimes

Awalnya saya senang dengan bacaan dari para penulis artikel disini, tapi sudah sejak lama saya hampir lupa dengan situs ini.

Kamu bisa jadi kontributor dengan mengirimkan artikel kamu minimal 750 kata, informasi aktual & sebaiknya bersifat argumentatif. Lumayan dengan termuatnya tulisan, kamu bakal terima 350 ribu rupiah.

Alif.id

Situs ini bisa menerima tulisan kamu terlebih topik budaya Islam hingga isu keberagaman. Jika berhasil dimuat kamu bakal dapat 250 ribu rupiah.

Mojok.co

Awalnya mojok memberikan sekitar 250 ribu hingga 300 ribu pertulisan. Kini karena banyaknya kontributor sistemnya jadi dari poin terkumpul, maksimal hanya 20 poin dari perbulan atau 400 ribu rupiah. Satu artikel yang dimuat dihitung satu poin.

Alternatif Menulis Artikel Dibayar

Masih ada banyak situs yang memberikan reward atau jika kamu menulis artikel akan dibayar, nanti bakal saya update lagi. Sekarang saatnya saya berikan alternatif menulis artikel dibayar rupiah atau sekadar copy paste pun bisa dibayar.

Syaratnya kamu memiliki blog, jika sudah kamu coba daftar sosiago sebagai influencer. Disini banyak brand & advertiser yang membutuhkan promosi, bentuknya bisa dari postingan blog, instagram, twitter & youtube.

Harganya variatif, jika hanya copas postingan kisarannya harga 50 ribu keatas. Akan lebih tinggi jika advertiser punya campaign create, artinya kamu menulis artikel sesuai kriteria bisa lebih dari 100 ribu rupiah.

Jika melihat rata-rata, anggap saja kamu bisa menulis 10 artikel dalam sehari. Kamu bisa hitung sendiri, tapi memang tidak bisa setiap hari ada campaign di platform tersebut. Maka dari itu sebaiknya kamu join dengan platform lain.


Related Posts

Published by

penulis

penulis

Hanya orang biasa yang senang belajar suatu hal baru dari media online.