Bingung

Kalau sedang bingung cari tahu disini

Asuransi Kendaraan MSIG, Berkendara Tanpa Cemas

- dalam Belanja oleh

Hallo semuanya, kali ini kita akan mengenal lebih dekat mengenai Asuransi Kendaraan MSIG, Berkendara Tanpa Cemas, kalian pasti bertanya-tanya apasih itu asuransi kendaraan ? Mengapa Kamu harus memiliki asuransi kendaraan ? dan apa aja sih manfaat atau keuntungan jika Kamu memiliki asuransi ? Nah kali ini kita akan membahas semuanya mengenai asuransi kendaraan. Yuk masuk ke pembahasan yang pertama.

Apasih Itu Asuransi Kendaraan

asuransi kendaraan

Asuransi kendaraan adalah layanan perlindungan yang diberikan oleh pihak asuransi terhadap kendaraan yang Kamu miliki. Asuransi kendaraan memberikan perlindungan pada kendaraan pribadi atau untuk penggunaan bisnis dari beragam risiko seperti kecelakaan, bencana alam, kebakaran, kerusakan, hingga kerusuhan. Di Indonesia, Undang Undang Lalu Lintas yang berlaku memuat dan menentukan bahwa setiap pengemudi harus bertanggungjawab terhadap kerugian pihak lain yang tidak bersalah.

Maka asuransi kendaraan adalah jenis asuransi khusus untuk kendaraan. Jadi hal-hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih perusahaan asuransi kendaraan adalah kekuatan keuangan perusahaan asuransi, jasa yang diberikan, serta biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh perlindungan yang disebut dengan premi. Nah itu penjelasan yang pertama mengenai asuransi kendaraan, kita masuk pembahasan yang kedua yaitu:

Jenis Asuransi Kendaraan

Ada 2 jenis asuransi untuk kendaraan dilihat dari jenis kendaraannya, yaitu asuransi motor dan asuransi mobil. Dan berdasarkan jenis perlindungannya, asuransi kendaraan terbagi menjadi 3 jenis, yaitu sebagai berikut:

Asuransi Mobil All Risk atau Comprehensive:

All risk dapat diartikan menjadi ‘segala risiko’. Asuransi ini disebut juga comprehensive atau keseluruhan. Ini berarti asuransi akan membayar klaim untuk segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan. Berbeda dengan TLO, lecet sedikit saja pada mobil, asuransi akan membayarkan klaim asuransi. Hanya saja asuransi mobil all risk pembiayaannya lebih mahal daripada TLO.

Pertanggungan jenis asuransi ini dapat diperluas, seperti risiko karena huru-hara, atau penambahan aksesoris kendaraan. Perluasan pertanggungan tersebut tentu saja melalui penambahan biaya premi. Untuk jenis asuransi all risk sangat cocok dan tepat untuk kendaraan kamu yang dipakai sehari-hari. Karena saat ini kondisi lalu lintas jalan semakin padat bahkan tak jarang menyebabkan macet terlebih di kota-kota besar. Jadi besar potensi atau kemungkinan terjadi kerusakan pada body kendaraan kamu seperti tersenggol, terserempet atau tertabrak kendaraan lain.

Jenis asuransi ini banyak dipakai pada jenis kendaraan mobil penumpang. Sesuai dengan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI), usia maksimal pertanggungan asuransi all risk adalah 8 tahun.

Asuransi Mobil TLO (Total Loss Only):

Secara harfiah Total Loss Only (TLO) berarti “hanya (jika) kehilangan total”. Berarti klaim asuransi hanya dapat diajukan apabila terjadi ‘kehilangan total’. Dalam asuransi mobil, yang dimaksud kehilangan total itu adalah kerusakan yang terjadi di atas 75% atau kehilangan pencurian ataupun karena perampasan. Bila kerusakan yang dialami kurang dari itu, kamu tidak akan mendapatkan ganti rugi atas kerusakan. Patokan 75% diambil karena mobil dipastikan tidak dapat digunakan lagi. Kelebihannya, premi asuransi TLO lebih rendah dibandingkan asuransi mobil all risk. Dan berdasarkan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI), usia maksimal pertanggungan asuransi TLO adalah 15 tahun.

Asuransi Kombinasi

Jenis dari asuransi ini merupakan kombinasi dari asuransi all risk dan TLO. Maksudnya, semua kerusakan kecil hingga berat atau parah serta kehilangan kendaraan bisa ditanggung oleh perusahaan asuransi. Teknis pada jenis asuransi ini tergantung pada pilihan pertanggungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi seperti : Pada tahun pertama, pertanggungannya adalah jenis all risk. Lalu di tahun kedua, menggunakan TLO. Atau contoh kondisi lain berikut. Sebuah kendaraan diasuransikan menggunakan jenis asuransi all risk di 2 atau 3 tahun pertama ketika kendaraan masih dalam kondisi baru. Kemudian di tahun-tahun berikutnya beralih ke jenis TLO mengingat usia kendaraan yang tidak lagi muda. Jadi jenis asuransi ini bisa menyesuaikan tergantung pada kondisi kendaraan dan kondisi keuangan pemilik kendaraan.

Itulah penjelasan mengenai jenis-jenis asuransi, ada 3 jenis asuransi yang perlu kita ketahui sebelum mengajukan asuransi untuk kendaraan yang kamu miliki. Kesimpulan dari jenis-jenis asuransi yang sudah di jelaskan di atas, jenis asuransi tersebut, biaya asuransi all risk jauh lebih tinggi dibandingkan TLO, apalagi kalau kamu ingin menambah perluasan perlindungan. Apabila harga mobil yang kamu miliki terbilang tinggi sehingga butuh biaya tidak sedikit sekalipun rusak ringan, sebaiknya memilih all risk.

Asuransi jenis ini juga cocok bagi kamu yang memiliki usaha rental mobil atau kursus mobil, sebab risiko sekedar rusak ringan terbilang tinggi. Frekuensi pemakaian mobil berpengaruh pada jenis asuransi yang akan diambil. Semakin sering dipakai, semakin besar pula kemungkinan kecelakaannya. Terlebih, bila rute yang sering digunakan adalah jalur padat. Lagi-lagi all risk menjadi pilihan.

Sebaliknya, kalau mobil lebih sering parkir di rumah daripada diajak keluar, lebih baik memilih TLO. Kecelakaan bukan satu-satunya faktor penentu. Tingkat kriminalitas juga perlu dicermati. Kriminalitas di daerah-daerah tertentu terbilang tinggi. Kalau Anda tinggal atau sering lalu lalang di daerah seperti ini, pastikan mengasuransikan mobil Anda dengan TLO. Agar tidak salah pilih, Anda bisa beli asuransi mobil All Risk dan asuransi mobil TLO terbaik untuk kendaraan kamu di msigonline.co.id.

Manfaat asuransi kendaraan MSGI, Berkendara Tanpa Cemas

Asuransi Kendaraan MSIG, Berkendara Tanpa Cemas

Kamu pasti sering bertanya-tanya kenapa sih harus menggunakan asuransi kendaraan ? apasih manfaat yang diberikan ? pentingnya menggunakan asuransi kendaraan kamu di Indonesia kecelakaan lalu lintas menjadi pembunuh terbesar ketiga, setelah jantung koroner dan TBC. Menurut data kepolisian Republik Indonesia, terjadi sebanyak 109.038 kecelakaan di tahun 2012. Kelalaian manusia merupakan faktor utama terjadinya kecelakaan. Dapat dipahami juga, faktor ini tidak hanya berasal dari kita tapi juga orang lain. Di jalanan, kelalaian orang lain bisa berdampak buruk bagi kita. Sekalipun kita telah berkendara dengan tertib, kita bisa saja menjadi korban karena pengendara ugal-ugalan.

Risiko terluka maupun kematian dapat dikurangi dengan cara meningkatkan keamanan, namun risiko kendaraan rusak sering kali tidak terhindarkan, baik rusak ringan maupun berat. Ini yang membuat kendaraan kita, dalam hal ini mobil atau motor, perlu diasuransikan. Terlebih lagi, dibutuhkan biaya yang cukup banyak sekalipun kerusakan hanya berupa lecet di mobil atau motor.

Kecelakaan bukan satu-satunya alasan. Begal dan pencurian kendaraan semakin hari semakin meningkat di mana-mana. Tidak hanya di kota besar, tempat-tempat kecil dan sepi pun sangat sering menjadi incaran kejahatan. Risiko kehilangan kendaraan terus meningkat. Oleh karena itu, sangat logis apabila seseorang memutuskan untuk mengasuransikan mobilnya.

Kenapa kamu harus menggunakan asuransi kendaraan dari MSGI ? apa manfaat yang dapat diperoleh ?

  1. Memberi perlindungan pada kendaraan kamu terhadap kejadian yang tidak pasti atau tidak terduga seperti kehilangan karena pencurian, kerusakan karena kecelakaan atau bencana alam, dan sebagainya.
  2. Membantu perencanaan atau pengelolaan keuangan akibat biaya yang timbul atas kerusakan kendaraan.
  3. Memberi rasa aman bagi pemilik kendaraan.
  4. Memperoleh pelayanan tambahan seperti fasilitas telepon customer service 24 jam, fasilitas mobil derek, layanan mobil pengganti ketika kendaraan sedang dalam proses perbaikan di bengkel, dan lain-lain.

Cara Mengajukan Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor di MSGI Indonesia

Klaim MSGI

Untuk mengajukan klaim asuransi kendaraan di MSGI Indonesia sangat mudah dengan cara aman dan praktis, Kamu hanya perlu:

  1. Melaporkan klaim kamu melalui layanan call center 24 jam di (021)-29279636
  2. Klaim center dari MSGI Indonesia akan memandu kamu ke langkah-langkah berikutnya
  3. Jika klaim merupakan reimbursement, dapat langsung di informasikan ke email [email protected]

Sangat mudah dan praktis kan, itulah pembahasan mengenai asuransi kendaraan bermotor, jenis-jenisnya dan manfaat dari asuransi kendaraan. Jika kamu ingin beli asuransi mobil yang terpercaya, nyaman dan menguntungkan, kamu bisa langsung pilih asuransi kendaraan MSGI, berkendara tanpa cemas. Bisa menggunjungi websitenya https://www.msig.co.id atau datang ke kantornya di Jl. Jendral Sudirman Kav 61-62, Senayan, Kebayoran Baru, RT.5/RW.3, Senayan, Kebayoran. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190. Jam Buka 08.00-17.00 WIB. Sekian artikel yang bisa diberikan semoga dapat bermanfaat untuk kamu dan tetap selalu berhati-hati saat berkendara, Terimakasih !

Comments