Beda IELTS dan TOEFL apa sih ?

Kemampuan bahasa inggris bukan untuk gaya atau terlihat jago, penguasaan bahasa inggris adalah sebagai jawaban atas kebutuhan berkomunikasi. Harus atau tidak itu kembali kepada diri sendiri, apa benar kamu harus bisa bercakap atau cuma sekedar tahu saja.

beda ielts dan toefl

Kebetulan sekali akhir-akhir ini banyak yang kasak kusuk terkait bahasa Inggris, saya tidak akan menggurui kamu sama sekali. Hanya sekadar berbagi, pasti telah sering dengar dua istilah TOEFL & IELTS dimana keduanya merupakan jenis tes bahasa Inggris.

TOEFL sendiri merupakan singkatan dari "Test of English as Foreign Language" sedangkan IELTS akronim "International English Language Testing System".

Hampir dipastikan tes tersebut belum terlalu dibutuhkan jika masih jenjang SD, SMP & SMA, tapi biasa menjelang kuliah atau melamar kerja kamu akan membutuhkannya "grade" tes tersebut. Kamu tahu apa perbedaan kedua tes tersebut ?

Untuk mempermudah, saya buatkan tabel perbedaan TOEFL & IELTS berdasarkan dari berbagai sumber supaya lebih jelas memahami.

Perbedaan TOEFL IELTS
Acuan Bahasa Bahasa Inggris Amerika Bahasa Inggris Britania Raya
Tipe ITP (skor institusional Asia) & iBT (seluruh dunia) Modul Akademik & Non Akademik
Bentuk Tes pilihan ganda tulis tangan
Waktu Pengerjaan Kurang Lebih empat jam Kurang lebih dua jam
Speaking Hanya TOEFL iBT Ya
Writing Ya Ya
Listening Ya Ya
Reading Ya Ya
Sistem Skor ITP : 0 hingga 677, iBT : 0 hingga 120 0 hingga 9
Kegunaan Sekolah Amerika, Kanada Sekolah Australia, Inggris, dan Selandia Baru
Biaya $175 $195

Itulah beberapa perbedaan TOEFL dan IELTS, kalau ditilik lagi TOEFL cenderung lebih gampang meskipun durasi tes lebih lama karena tesnya mirip dengan Ujian Nasional.

Hanya sedikit mengingatkan barangkali kamu cari kursus bahasa inggris profesional kamu bisa langsung ke EF Adults biar dibimbing native speaker dengan suasana belajar yang menyenangkan.

Tes IELTS akan lebih rumit karena tesnya bukan seperti saat di bangku sekolah. Kalau kamu bisa boleh kok punya grade keduanya, itu artinya akan semakin membuka peluang kamu. Tapi jika kamu memutuskan untuk pilih salah satu, perhatikan tes mana sebenarnya yang kamu butuhkan. Semoga bermanfaat.


Related Posts

Published by

penulis

penulis

Hanya orang biasa yang senang belajar suatu hal baru dari media online.