5 Kebiasaan yang Menyebabkan Masalah Pendengaran

Penurunan indera pendengar biasanya terjadi karena pertambahan usia. Namun, tanpa disadari ada beberapa aktivitas yang menyebabkan pendengaran menurun. Jika terus dilakukan, maka bukan hal mustahil jika kamu akan mengalami ketulian. Berikut beberapa kebiasaan yang menyebabkan gangguan pendengaran. masalah pendengaran

Mendengarkan musik terlalu keras

Kebiasaan mendengarkan musik terlalu keras dapat merusak proses mendengar. Jika terus dilakukan, kamu akan mengalami gangguan pendengaran pada usia muda. Bahkan, kamu juga dapat mengalami ketulian jika gangguan pendengaran terus terjadi. Sebaiknya hindari mendengarkan musik menggunakan headset ataupun earphone dengan volume yang tinggi.

Kotoran telinga

Kotoran telinga yang menumpuk dapat menyumbat saluran pendengaran, sehingga pendengaran akan terganggu. Banyak orang yang membersihkan kotoran telinga dengan cara yang salah, sehingga kotoran justru semakin masuk ke dalam. Sebaiknya, tumpukan telinga dibersihkan oleh ahlinya. Jika ingin membersihkan telinga, sebaiknya hanya bersihkan bagian luarnya saja dan jangan mencungkil lubang telinga karena dapat merusak gendang telinga.

Tekanan dan gula darah yang tinggi

Orang yang mengalami tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi biasanya mengalami gangguan pendengaran pada waktu tertentu. Selain itu, orang yang memiliki kolesterol tinggi ataupun kondisi kronik lainnya juga cenderung dapat mengalami penurunan pendengaran. Sebaiknya, mulailah kebiasaan hidup sehat sejak dini. Selain itu, kamu juga perlu memeriksakan kesehatan pendengaran secara rutin.

Lingkungan yang bising

Lingkungan yang bising juga dapat menyebabkan gangguan telinga. Terbiasa berada di lingkungan yang bising akan menyebabkan gangguan pada sistem pendengaran, sehingga pendengaran akan menurun. Beberapa alat elektronik, seperti pengering rambut, penggiling kopi, mixer, ataupun blender dapat menimbulkan suara bising yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Kamu dapat menggunakan penyumbat telinga untuk mencegah gangguan telinga.

Sinus

Sinus dapat terhalangi karena dingin atau alergi dapat menyebabkan penurunan pendengaran. Sebaiknya jagalah kesehatan kamu, agar dapat mencegah terjadinya gangguan pendengaran.

Beberapa kebiasaan sehari-hari tanpa disadari dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Kebiasaan mendengarkan suara atau bunyi keras dan membersihkan kotoran telinga dengan cara yang salah dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Selain itu, tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, kolesterol, dan sinus juga dapat menyebabkan pendengaran menurun.


Related Posts

  • No related post found

Published by

kuat

kuat

Untuk menjadi pribadi yang kuat & sehat diperlukan kemauan. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman pribadi & sebagian berdasarkan sumber terbaru & bisa dipercaya.

Tulisan artikel di sini tidak memperjual belikan obat atau jasa pengobatan.