Contoh Artikel Singkat Tentang Pendidikan

Contoh artikel singkat tentang pendidikan berikut meliputi pendidikan karakter, motivasi hidup, toleransi, keberagaman, agama Islam, budi bekerti dan pendidikan sosial.

Apa Itu Artikel Pendidikan

Artikel pendidikan adalah karya tulisan yang dibuat oleh perorangan atau kelompok dimana materinya berkaitan tentang pendidikan. Informasi didalamnya bisa untuk pendidikan formal maupun non formal.

Bagi kamu yang bergelut dalam dunia pendidikan, tentu sangat memerlukan keberadaan artikel edukatif. Apalagi jika kamu adalah seorang terjun secara langsung misalnya profesi guru, dosen, mahasiswa atau siapapun, pasti akan terus mencari beberapa contoh artikel pendidikan. Perlu diketahui biasanya artikel pendidikan akan berubah seiring dan perkembangan tergantung pada situasi dan kondisi aktual.

Pendidikan adalah senjata ampuh yang bisa kita gunakan untuk mengubah dunia.

contoh artikel singkat tentang pendidikan

Jika dijabarkan satu persatu dalam artikel ini tentu tidak akan muat, karena jenis artikel pendidikan sendiri juga pasti sangat banyak sekali macamnya. Jika kamu masih belum jelas mengenai macam-macam contoh artikel pendidikan, di bawah ini akan memperlihatkan sampel artikel pendidikan yang singkat dan sederhana. Tujuannya tentu saja untuk mempermudah kamu semua jika membutuhkan berbagai macam artikel pendidikan terbaru, silakan cermati contoh-contoh artikel di bawah ini.

Contoh Artikel Pendidikan

Contoh Artikel Pendidikan Karakter

Judul artikel : Membangun Karakter Positif Sejak Usia Dini

Porsi pembentukan karakter dalam perjalanan hidup setiap manusia sangat penting sekali. Membentuk karakter sejak dini akan sangat berpengaruh serta menentukan bagaimana kehidupan seseorang. Siapapun orangnya, apapun jenis pekerjaannya, jika punya karakter positif, pasti akan lebih baik dibanding mereka yang tidak punya karakter positif. Maka dari itu, membentuk karakter positif harus dimulai sejak usia dini agar bisa menjadi bekala ketika mengarungi perjalanan hidup yang sangat dinamis.

Karakter yang kuat, berani dan tidak mudah menyerah akan sangat membantu siapapun dalam menjalani hidup. Karakter positif selalu bisa diterapkan dalam berbagai profesi, baik seorang pebisnis, pendidik, atau profesi lainnya. Seperti kita ketahui bersama bahwa yang sering menjadi masalah bangsa Indonesia ini adalah banyaknya manusia Indonesia yang tidak memiliki karakter positif sehingga dimanapun mereka berada akan selalu menimbulkan masalah dan bukan menjadi solusi dari sebuah masalah.

Itulah tadi contoh artikel pendidikan karakter yang singkat terdiri dari dua paragraf.

Contoh Artikel Pendidikan Motivasi Hidup

Judul artikel : Jadilah Pemenang Dengan Pantang Menyerah

Siapapun kamu, apapun jenis profesi kamu, wajib memiliki sifat tidak mudah menyerah. Karena harus kamu sadari bahwa dalam setiap perjalanan hidup, pasti kita akan dihadapkan dengan berbagai masalah. Masalah tersebut kadang-kadang hadir terasa sangat berat. Namun, yakinlah bahwa di dalam sebuah masalah yang berat tersebut pasti ada hikmah yang kadang kita tidak akan mengerti sebelum kita menghadapi masalah tersebut. Maka dari itu, hadapi masalah tersebut dengan lapang dan penuh semangat, jangan menjadi orang yang mudah menyerah.

Jangan menjadi orang yang manja seperti anak kecil. Contoh sederhana adalah ketika kamu menjadi seorang pedagang dan mendapati barang dagangan kamu tidak laku dijual dalam beberapa hari lalu kemudian kamu memutuskan berhenti menjadi pedagang begitu saja. Itu adalah contoh sikap mudah menyerah, akan lebih baik jika kamu mengevaluasi terlebih dahulu, apa yang kurang dari dagangan kamu, atau ada cara yang mungkin salah dalam strategi, dan lain-lain.

Itulah contoh artikel singkat 2 paragraf pendidikan mengenai motivasi hidup

Contoh Artikel Pendidikan Toleransi & Keberagaman

Judul artikel : Indonesia Kaya Suku Dan Budaya

Negara kita Indonesia adalah sebuah negara besar yang terdiri atas ribuan pulau tersebar di seantero negeri. Dengan kondisi serta letak geografis yang begitu luas, maka tak heran jika Indonesia memiliki beragam suku bahasa daerah dan budaya. Kekayaan Indonesia tidak hanya dari sumber daya alam yang melimpah ruah, namun kekayaan budaya yang begitu majemuk menjadi salah satu pemersatu bangsa di bawah naungan Pancasila & NKRI. Ada suku Gayo, Minang, Jawa, Sunda, Baduy, Madura, Betawi, Batak, Asmat dan masih banyak lagi suku lainnya yang tersebar di berbagai daerah.

Maka dari itu kita sebagai warga negara Indonesia yang baik wajib saling menghormati setiap orang dari suku manapun. Karena bisa jadi setiap suku memiliki kebudayaan yang berbeda dengan budaya suku kita, atau mungkin saja bertentangan dengan adat budaya suku kita. Namun kita harus menyadari dengan benar bahwa itulah salah satu kekayaan sesungguhnya dari bangsa Indonesia. Kita tidak boleh mencela adat suku lain hanya karena berbeda dengan budaya kita.

dua paragraf diatas merupakan contoh artikel singkat tentang pendidikan toleransi dan keberagaman

Contoh Artikel Pendidikan Agama Islam

Judul artikel : Puasa Ramadan Menyambut Berkah

Di dalam agama Islam kita mengenal adanya bulan Ramadan. Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat istimewa bagi setiap umat Islam. Karena di dalam bulan Ramadan umat Islam bisa beribadah dengan lebih sungguh. Karena Allah menurunkan berkah yang luar biasa dalam bulan Ramadan. Bagi umat Islam, di bulan Ramadan pasti rajin sholat tarawih setiap malam sehabis Sholat Isya'. Kemudian biasanya akan dilanjutkan dengan membaca Al Qur'an, karena memang dibulan Ramadlan kita disuruh untuk memperbanyak membaca Al Qur'an.

Selain ibadah-ibadah sunnah di bulan Ramadan, umat Islam tentu wajibk berpuasa sebulan penuh, tentu ibadah wajib lain tetap dikerjakan. Dalam menjalankan puasa ini, bisa berjumlah 29, 30 hari, bisa juga 31 hari tergantung berapa genapnya satu bulan. Maka dari itu, kita sebaiknya jangan menyia-nyiakan keberadaan bulan Ramadan. Karena belum tentu umur kita bisa sampai bulan Ramadan di tahun mendatang.

tadi merupakan contoh artikel pendidikan singkat bertema Agama Islam yang terdiri dari 2 paragraf

Contoh Artikel Pendidikan Budi Pekerti

Judul artikel : Hormat Pada Orang Tua Dan Sejawat

Sebagai seorang yang hidup di Indonesia, kita pasti paham adat ketimuran. Bukan saja adat istiadat Indonesia, jika mengacu pada agama tentu seorang yang lebih muda wajib menghormati yang lebih tua ataupun lebih muda. Maka dari itu, siapapun orang yang kamu kenal, kamu temui, entah berusia lebih muda atau tua dari kamu, maka kamu wajib menghormatinya. Apalagi jika itu adalah orang tua ibu bapak sendiri, maka kamu punya prioritas lebih ketika menghormatinya baik dalam tingkah laku, maupun dalam bertutur kata.

Menghargai mereka itu penting, karena tanpa mereka mana mungkin kita ada. Orang yang lebih tua pasti lebih berpengalaman & kita bisa belajar dari mereka. Dan barangkali ada beberapa pola pikir dan pendapat yang mungkin berbeda dengan kita yang muda, maka kita tetap harus menghormatinya. Kita harus bisa menyampaikan pendapat kita yang berebda dengan cara yang sopan dan santun penuh dengan tata krama.

Nah, dua paragraf diatas merupakan contoh artikel singkat pendidikan dengan tema budi pekerti

Contoh Artikel Pendidikan Sosial

Judul artikel : Indonesia Negara Kepulauan

Sebagai seorang yang hidup di negara Indonesia, kita setidaknya mengerti tentang Indonesia meski hanya sedikit. Indonesia adalah negara dengan luas laut yang sangat luar biasa. Suku tersebar diberbagai pulau, bisa dibilang Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki laut terluas di dunia. Maka tak heran jika Indonesia disebut juga sebagai negara maritim karena memang pada faktanya Indonesia memiliki luas lautan yang sangat luar biasa.

Sebagai negara kepulauan dan maritim, tentu di Indonesia banyak warga negara atau rakyatnya yang menggantungkan hidup dari hasil laut. Profesi sebagai nelayan menjadi pilihan namun tidak sedikit juga orang yang menjadi pedagang dan menjual hasil lautnya. Kita sepatutnya bangga dengan kondisi alam dan kekayaan Indonesia, karena dengan kekayaan sumber daya alam yang begitu melimpah, tentu Indonesia seharusnya menjadi negara yang disegani di dunia.

2 paragraf diatas adalah contoh lain, sebuah artikel singkat tentang pendidikan bertema kepulauan & maritim

Contoh Artikel Menumbuhkan Semangat Belajar

Judul artikel : Cara Menumbuhkan Semangat Belajar

Setiap hal yang baik dimulai dengan keinginan atau keinginan untuk melakukan sesuatu. Hal yang sama berlaku untuk kisah sukses. Semakin Anda terus mendorong diri Anda untuk berpengetahuan dan bersemangat untuk belajar, semakin jelas jalan menuju kesuksesan.

Rasa ingin tahu tidak hanya membantu Anda unggul di bidang profesional, tetapi sebuah penelitian menemukan bahwa rasa ingin tahu juga meningkatkan memori dan pembelajaran. Studi tersebut mengungkapkan bahwa rasa ingin tahu melepaskan zat kimia yang terkait dengan motivasi, dopamin. Dopamin dapat memotivasi Anda lebih dari kata-kata apa pun!

Tidak diragukan lagi, tanpa minat atau rasa ingin tahu yang tulus untuk belajar, Anda tidak dapat mengharapkan diri Anda secara alami cenderung untuk mempelajari hal-hal baru. Semangat untuk belajar adalah awal dari kesuksesan Anda. Jangan lupa bahwa Newton menemukan gravitasi ketika dia penasaran mengapa apel jatuh ke tanah daripada naik ke atas. Daftarnya tidak ada habisnya.

Semangat belajar berguna bagi semua orang, karena akan memudahkan Anda untuk berperilaku baik dalam situasi sosial. Dorongan konstan untuk penguasaan adalah syarat untuk maju. Ini merangsang kreativitas Anda dan membantu Anda melihat dunia dari perspektif yang berbeda.

Pengetahuan memberi Anda kemampuan untuk melihat yang mungkin tidak Anda sadari sebelumnya. Rasa ingin tahu Anda meningkatkan kreativitas Anda, dan menumbukan solusi kreatif.

itulah Artikel Menumbuhkan Semangat Belajar yang terdiri dari 5 paragraf

Nasib Pendidikan Selama Pandemi

Judul artikel : Dampak Pembelajaran Daring Selama Pandemi

Kondisi pandemi melandai dunia, berbagai aktifitas dibatasi guna menahan laju penyebaran virus. Tentu saja termasuk kegiatan belajar siswa di sekolah, dari taman kanak-kanak sampai mahasiswa kegiatan belajar dilakukan daring.

Belajar daring punya dua sisi yang berlawanan, positifnya mengenalkan lebih cepat dunia internet dengan informasi yang berlimpah. Sisi negatifnya, pendidikan karakter siswa menjadi sedikit terabaikan. Karena dengan daring dipaksa transfer pengetahuan saja, tidak termasuk nilai lain seperti etika, displin dan sosial.

Poin utama seperti tidak bisa melihat langsung contoh atau teladan para pendidik yang harus dirasakan langsung oleh para peserta didik. Maka dari itu, sudah saatnya kita semua segenap elemen pendidikan di Indonesia membuat sebuah metode untuk menciptakan pendidikan karakter selama masa pandemi.

Itulah tadi 3 paragraf artikel pendidikan selama pandemi

Baiknya sobat semua itulah beberapa contoh artikel tema pendidikan yang singkat dan sederhana, Kamu bisa mengembangkan artikel-artikel tersebut menjadi sebuah tulisan lengkap. Dengan kreativitas serta pemahaman materi tentu akan memperluas dan membuat artikel lebih dalam lagi.

Jangan salah, jika rajin kamu bisa cukup menulis artikel dibayar yang cukup menjanjikan. Saya pun saat ini sepertinya sudah butuh lumayan banyak artikel dengan tema beragam. Kamu tertarik ? silakan kontak saja ya !