Gaya Hidup Modern, Pengertian, Ciri & Bentuk

Pergantian era yang serba modern saat ini berakibat pada gaya hidup masyarakat secara umum. Salah satu gaya hidup yang mencolok saat ini ini merupakan gaya hidup warga yang serba modern.

gaya hidup modern

Gaya hidup modern ialah kerutinan ataupun pola tingkah laku terkini tiap hari manusia yang cocok dengan tuntutan era. Contohnya dengan menghargai waktu, lebih terbuka terhadap pertumbuhan serta pergantian, cara belajar. Perihal ini sebab pemahaman diri buat belajar sebab dunia terus menjadi terus tumbuh. Tetapi tidak sedikit gaya hidup modern diisyarati dengan hal-hal yang negatif, semacam: gaya hidup yang konsumtif, elegan, individualis, serba praktis dsb. Dapat dikatakan kalau gaya hidup modern sendiri merupakan suatu fenomena pergantian sosial yang ditafsirkan mempunyai mobilitas yang besar, perilaku yakin pada ilmu pengetahuan serta teknologi, dan keterbukaan menerima kemajuan segala bidang.

Bentuk Gaya Hidup Modern

  • Terdapat sebagian wujud gaya hidup warga modern yang butuh dikenal, antara lain merupakan selaku berikut:

  • Menjadikan status sosial selaku suatu yang berarti. Di kota-kota besar umumnya status diisyarati dengan penampilan serta apa yang digunakannya, semacam: kendaraan yang digunakan, merek hp dsb.

  • Mobilitas yang besar serta padat ialah salah satu contoh orang-orang modern yang hidup di kota.

  • Bercengkrama di tempat-tempat tertentu, semacam cafe. Cafe jadi salah satu tempat orang-orang modern menghabiskan waktunya, apalagi terdapat pula orang yang menghabiskan waktu di cafĂ© buat bekerja, berjumpa sahabat dsb.

  • Pernikahan yang megah jadi salah satu bentuk gaya hidup modern, menikah menjadi sebuah moment berarti yang wajib dirayakan.

  • Kelulusan ataupun wisuda pula jadi salah satu wujud gaya hidup modern. Dikala berakhir menempuh pembelajaran, tidak sedikit sekolah maupun kampus yang merayakannya. Apalagi perihal ini terjalin di tingkatan sekolah TK.

  • Gaya hidup praktis, ialah gaya hidup yang menginginkan seluruh sesuatunya kilat.

  • Gaya hidup dengan teknologi komunikasi. Perihal ini terjalin sebab terus menjadi berkembangnya teknologi di bidang data serta komunikasi. Salah satu contohnya yang dekat dengan kehidupan kita saat ini merupakan timbulnya smartphone serta media sosial yang bawa pergantian terhadap kehidupan di seluruh bidang.

Identitas Warga Modern

Tidak hanya wujudnya, berarti pula mengenali identitas warga modern. Warga modern perkotaan gaya hidupnya telah hadapi pergantian akibat terbentuknya modernisasi, antara lain merupakan:

  • Netralitas efisien ialah watak serta perilaku yang tidak begitu peduli dengan lingkingan sekitarnya bila tidak terdapat ikatan ataupun kepentingan dengan dirinya.

  • Orientasi diri merupakan watak yang menonjolkan diri sendiri. Umumnya tidak hendak segan menentang bila dirasa melanggar ataupun tidak cocok dengan kepentingannya.

  • Universalisme merupakan berpikir serta menerima suatu secara objektif.

  • Senang mengejar prestasi sebab dengan prestasi bisa mendesak buat terus maju.

  • Spesifitas merupakan gaya hidup warga yang berhubungan dengan individu ialah hasrat yang dinyatakan secara langsung tanpa bertele-tele.

Gaya Hidup Modern Yang Mesti Dihindari

Terlalu Pasif Dalam Aktivitas

Segala kemudahan dalam teknologi saat ini menjadikan orang kurang bergerak. Cukup mengandalkan jari-jari hampir semua bisa dilakukan. Aktivitas fisik sangat wajib karena berhubungan langsung dengan permasalahan mental.

Informasi Berlebih

Notifikasi sekecil apapun dapat mengganggu konsentrasi, otak kita dipaksa stimulasi secara berlebihan.

Berlama-lama Duduk

Selain masalah pinggang, duduk terlalu lama bisa mengakibatkan struktur otak berubah.

Obrolan Online Berlebih

Komunikasi secara online menjadi interaksi sosial dimasa digital. Namun tatap muka secara offline bisa meningkatkan memori dan kognisi otak kita.

Itulah beberapa hal penting terkait dengan gaya hidup modern. Sebaiknya lakukan hal sewajarnya, karena jika sudah menjadi kebiasan akan sangat sulit dihilangkan.


Related Posts

Published by

penulis

penulis

Hanya orang biasa yang senang belajar suatu hal baru dari media online. Tidak mau mengaku sebagai orang yang kreatif, sementara hanya menghadirkan karya non-fiksi, bukan karya ilmiah, bukan juga makalah atau jurnal. Ini bukan karya besar, hanya artikel yang dituangkan untuk bisa mewakili ide sendiri, pikiran, serta perasaan sendiri. Namun tetap bersumber pada informasi yang bertebaran di jagat maya.