Manfaat Kaca Cermin Dalam Sebuah Ruangan

Kaca tidak hanya bermanfaat sebagai cermin, benda berkilau satu ini fungsi awalnya sebagai membiaskan cahaya ternyata bisa jadi penghias ruangan. Semua orang pasti tahu dan mengenal kaca cermin bahkan hampir di setiap rumah memiliki lebih dari satu. Cermin adalah sebuah benda dengan permukaan licin yang dapat memantulkan bayangan yang ada di depannya dengan sempurna.

dekorasi cermin kamar tidur

Cermin awalnya terbuat dari logam yang mengkilap yang akhirnya berkembang terbuat dari kaca yang dilapisi aluminium tipis pada salah satu sisi.

Lihat juga : Manfaat Pakai Kaca Transparan Untuk Rumah

Namun, tahukah Anda bahwa kaca cermin memiliki manfaat lain yang bukan hanya sekedar sebagai alat untuk melihat pantulan saja?

Beberapa manfaat kaca cermin yang dapat diaplikasikan pada sebuah ruangan.

  • membuat ruangan sempit seakan menjadi luas. Cermin menawarkan sebuah solusi murah dan praktis untuk memberi ilusi memperluas tampilan ruangan kecil. Permasalahan rumah kecil seperti apartemen studio dapat teratasi dengan memasang kaca cermin pada tembok yang berseberangan dengan jendela. Ruangan akan tampak lebih luas sampai 10 kali dari semestinya.
  • orang betah berlama-lama di ruangan. Coba bandingkan kamar tidur yang memiliki cermin dengan yang tidak. Aktivitas di dalam kamar yang terdapar kaca cermin akan lebih lama dibandingkan dengan yang tidak ada cerminnya. Bisa saja untuk berhias, mencoba pakaian bahkan lawan bicara sendiri. Seperti halnya juga bila ada cermin di kamar mandi, waktu bisa lebih lama berada di situ. Cobalah untuk meletakkan sebuah cermin kecil di dapur, bisa jadi tanpa sadar menghabiskan waktu saat Anda berada di dapur.
  • Memasang kaca cermin di sekitar pintu masuk ruang tamu di kanan atau kiri dinding akan memberikan pencahayaan yang baik untuk menyambut tamu yang berkunjung. Selain itu, manfaat cermin di ruang ini adalah sebagai pantulan cahaya alami dari arah jendela atau pintu yang akan diteruskan ke ruang tamu.
  • Pada ilmu feng shui, kaca cermin dipercaya membawa nilai positif bagi pemilik rumah. Dengan meletakkan kaca cermin di dekat meja makan dalam ruang makan, dipercaya akan membawa keberuntungan dan kekayaan. Meletakkan cermin pada dinding yang memperoleh cahaya langsung akan memberikan energi positif bagi penghuninya karena kaca mewakilkan air dalam ilmu feng shui.

Keberadaan kaca cermin dalam sebuah ruangan bermanfaat untuk keseimbangan antara dimensi ruang dengan dinding yang kosong agar tampak lebih atraktif. Jika Anda akan memasang kaca cermin pada bagian tertentu dari sebuah ruangan, sebaiknya memesan kaca cermin yang disesuaikan dengan ukuran dan bentuk ruang, termasuk bentuk dan pola bingkai sesuai gaya interior. Semoga bermanfaat. (dre/arudam)


Artikel terkait

Dipublikasikan oleh

Tukang

Tukang

Hanya orang biasa, jadi bagi cari jasa tukang terbaik di Indonesia silakan hubungi mandor terdekat. Semoga artikel tersaji bisa menyelesaikan masalah renovasi rumah, bangunan dengan hasil maksimal.

Memang biasanya perkerjaan tukang didominasi daerah tertentu. Tukang juga sudah terbiasa bekerja sendiri, sistem borongan atau berkelompok dengan seorang mandor sebagai kepalanya. Percayakan segala urusan pembetulan tempat tinggal dengan memaksimalkan teknologi.