Tips Mencegah Bau Tak Sedap Pakaian dan Cara Menghilangkannya

Musim yang tak tentu akhir-akhir ini sering membuat jadwal mencuci jadi kacau balau. Pakaian yang masih basah menjadi tidak kering sempurna karena turun hujan. Kondisi ini sering membuat cucian menjadi berbau tak sedap.

menghilangkan bau pakaian tidak kering

Masalah cucian masih berbau tak sedap tak hanya disebabkan oleh cuaca. Ada berbagai faktor yang mempengaruhinya.

Tips Mengatasi Pakaian Bau

Berikut tips untuk mencegah bau tak sedap pada cucian.

Langkah 1: Jangan menunda pengeringan.

Jangan meninggalkan cucian bersih di mesin cuci setelah selesai mencuci, terutama semalaman. Langsung keringkan di mesin pengering atau segera angin-anginkan. Membiarkannya di mesin cuci dalam keadaan tertutup dalam waktu lama, akan membuat bakteria dan jamur berkembang.

Langkah 2: Hindari lembap atau basah.

Jangan pernah menaruh cucian basah atau lembap di tumpukan baju kotor. Jika Anda tidak bisa segera mencucinya, biarkan kering dulu baru campur ke tumpukan baju kotor untuk dicuci.

Langkah 3: Keringkan dengan benar.

Handuk tebal dan pakaian yang berat seperti jins biasanya perlu waktu lama untuk kering. Pastikan untuk mengeringkannya secara menyeluruh.

Langkah 4: Lakukan penjemuran.

Gantungkan pakaian di luar ruangan hingga kering. Sinar matahari bisa membantu mengusir jamur. Jadi meski sudah dikeringkan di mesin pengering, pastikan Anda menjemurnya.

Langkah 5: Gunakan larutan pelembut dengan hati-hati.

Hindari menggunakan pelembut pakaian di dalam mesin cuci. Jika Anda harus menggunakannya, pastikan larutkan dulu di dalam air sebelum memasukkannya ke dalam mesin. Larutan pelembut juga bisa membuat cucian susah kering.

Langkah 6: Coba deterjen dengan bahan tambahan.

Coba deterjen yang memiliki bahan tambahan pengusir bau.

Langkah 7: Gunakan air hangat.

Gunakan air hangat untuk mencuci pakaian yang sangat berbau.

Langkah 8: Cuci mesin cuci.

Untuk membantu menghilangkan masalah cucian berbau, Anda juga sebaiknya membersihkan mesin cuci dengan saksama. Kotoran yang masih tertinggal di tabung mesin cuci, bisa menyebabkan bau.

Lalu jika sudah terlanjur berbau, bagaimana cara menghilangkannya? Cara menghilangkan bau apek yang paling ampuh adalah menggunakan pewangi pakaian. Anda bisa mencoba pewangi pakaian royale soklin yang memiliki kesegaran sepanjang hari. Pewangi ini memberikan sensasi keharuman bagaikan menggunakan parfum mewah. Pakaian juga akan wangi segar sepanjang hari.


Related Posts

Published by

penulis

penulis

Hanya orang biasa yang senang belajar suatu hal baru dari media online. Tidak mau mengaku sebagai orang yang kreatif, sementara hanya menghadirkan karya non-fiksi, bukan karya ilmiah, bukan juga makalah atau jurnal. Ini bukan karya besar, hanya artikel yang dituangkan untuk bisa mewakili ide sendiri, pikiran, serta perasaan sendiri. Namun tetap bersumber pada informasi yang bertebaran di jagat maya.