Apa Itu Native Speaker, Manfaat Dalam Belajar Bahasa Inggris

Sebagian belum tahu arti dan manfaat native speaker dalam pendidikan (belajar) bahasa inggris, para mahasiswa atau peserta kursus mestinya lebih baik diisi oleh native speaker.

Apa itu native speaker?

Apabila diartikan tiap suku kata bahasa inggris, "native" artinya asli, asal atau bawaan dari lahir sedangkan "speaker" berarti penutur atau pembicara. Dari dua kosakata tersebut bisa kita simpulkan sehingga "native speaker" adalah penutur atau pembicara bahasa asli. Dalam konteks belajar bahasa inggris tentu lebih afdol karena mereka lahir dalam lingkungan bahasa inggris.

native speaker

Perbedaan non-native

Tentu bukan hal mutlak jika pengajar lokal kurang bagus, hanya saja feel mereka akan sangat berbeda. Contohnya saja native speaker ketika mereka bermimpi pun pasti menggunakan bahasa ibu.

Native speaker bahasa inggris tidak berarti warga negara inggris, karena kita sendiri tahu banyak negara lain yang menetapkan bahasa inggris sebagai bahasa utama negara mereka.

Daftar Negara Pengguna Bahasa Inggris

Secara Hukum Resmi

Negara Benua
Afrika Selatan Afrika
Botswana Afrika
Gambia Afrika
Ghana Afrika
Kamerun Afrika
Kenya Afrika
Lesotho Afrika
Liberia Afrika
Malawi Afrika
Mauritius Afrika
Namibia Afrika
Nigeria Afrika
Rwanda Afrika
Seychelles Afrika
Sierra Leone Afrika
Sudan Afrika
Swaziland Afrika
Tanzania Afrika
Uganda Afrika
Zambia Afrika
Zimbabwe Afrika
Guyana Amerika Selatan
Belize Amerika Tengah
Antigua dan Barbuda Amerika Utara
Bahama Amerika Utara
Barbados Amerika Utara
Dominika Amerika Utara
Grenada Amerika Utara
Jamaika Amerika Utara
Kanada Amerika Utara
Saint Kitts and Nevis Amerika Utara
Saint Lucia Amerika Utara
Saint Vincent dan Grenadines Amerika Utara
Trinidad dan Tobago Amerika Utara
Filipina Asia
India Asia
Pakistan Asia
Singapura Asia
Yordania Asia
Irlandia Eropa
Malta Eropa
Fiji Oseania
Kiribati Oseania
Kepulauan Marshall Oseania
Mikronesia Oseania
Nauru Oseania
Palau Oseania
Papua New Guinea Oseania
Samoa Oseania
Selandia Baru Oseania
Kepulauan Solomon Oseania
Tonga Oseania
Tuvalu Oseania
Vanuatu Oseania

Secara Fakta / Kenyataan

Negara Benua
Australia Oseania
Britanita Raya Eropa
Amerika Serikita Amerika Utara

Negara Mengakui Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Kedua / Sekunder

Negara Benua
Bangladesh Asia
Brunei Asia
Eritrea Afrika
Ethiopia Afrika
Israel Asia
Malaysia Asia
Sri Lanka Asia

Jadi jelas orang bule yang memiliki asalnya dari negara Amerika Serikat (kode negara +1), negeri kangguru, Kanada, Wales, Skotlandia, dan Selandia Baru, bisa dibilang sebagai native speaker bahasa inggris.

Manfaat Belajar Dari Native Speaker

Sekarang sudah jelas maksud dengan native speaker, apa saja manfaat belajar dari seorang native speaker ini? Sering disebut sebagai metode belajar bahasa inggris terbaik, berikut beberapa manfaat belajar bahasa inggris dari native speaker:

Koreksi Cepat & Langsung

Guna mempercepat proses belajar, koreksi adalah hal mutlak. Pengajar native speaker bisa dengan mudah mengenali pelafalan yang salah kemudian memberikan koreksi tepat.

Standar Kecakapan

Seiring waktu berjalan, seorang native speaker tahu kemampuan "anak didiknya", sehingga mengajarkan tahapan lanjut dengan proses alami.

Native speaker bisa mengukur cara komunikasi kamu, bukan dari sekadar tes formal.

Semakin Percaya Diri

Awal belajar dengan seorang native speaker bisa jadi deg-degan. Wajar, karena kamu tidak terbiasa komunikasi dengan mereka. Nilai plusnya disini, kamu menjadi terlatih & lebih percaya diri.

Ikut kursus bahasa Inggris dengan pengajar lokal tidak salah sama sekali. Tapi pastikan jika kamu akan dibantu dengan pengajar ahli, tentu saja seperti EF Adults kursus bahasa inggris profesional punya banyak native speaker yang akan mengajarimu.

Kosakata Lebih Luas

Menghafal serta terus menambah kosakata bahasa inggris tentu akan membantu proses belajar. Bisa kamu bayangkan berapa jumlah kata yang kamu pelajar dari seorang native speaker ?

Wawasan Lebih Luar

Native speaker jelas datang dari negara yang berbeda, sehingga kamu punya kesempatan untuk mengenal budayanya, mengerti kebiasaan mereka, apa saja makanan favorit mereka, bagaimana tata bahasa sehari-hari, dan masih banyak lagi

Bisa Karena Biasa

Itu bisa disebut peribahasa, kamu akan lancar berbahasa inggris karena memang terus bergaul / berkomunikasi dengan penutur asli. Mereka bisa saja memberikan kata-kata yang tidak banyak orang biasa tahu.

Terlihat dipaksa, canggung itu jelas bakal kamu rasakan. Tapi seiring waktu kamu akan belajar & benar-benar memahami bahasa inggris dengan baik.

The great aim of education is not knowledge but action kutipan bijak bahasa inggris dari "Herbert Spencer " yang artinya : Tujuan utama pendidikan bukanlah pengetahuan tetapi tindakan


Related Posts

  • No related post found

Published by

penulis

penulis

Hanya orang biasa yang senang belajar suatu hal baru dari media online. Tidak mau mengaku sebagai orang yang kreatif, sementara hanya menghadirkan karya non-fiksi, bukan karya ilmiah, bukan juga makalah atau jurnal. Ini bukan karya besar, hanya artikel yang dituangkan untuk bisa mewakili ide sendiri, pikiran, serta perasaan sendiri. Namun tetap bersumber pada informasi yang bertebaran di jagat maya.