Tips Belajar Bahasa Inggris, Konsisten

Bahasa Inggris adalah bahasa yang cukup menyenangkan untuk dipelajari, kamu pasti tahu kenapa belajar bahasa inggris itu penting. Kini serba online dianggap mudah mendapat akses untuk mempelajari bahasa inggris, tidak kurang dari 750.000 kata dan ejaan yang dapat membuat orang pandai sekalipun tidak akan cepat menguasai bahasa Inggris.

Pada kesempatan ini ingin sedikit memberikan wawasan kepada kamu bahwa tidak selamanya belajar bahasa inggris itu menakutkan, apalagi jika sudah memiliki strategi yang tepat.

Berikut tips dari EF Adults tentang bagaimana cara belajar bahasa Inggris dengan cepat:

Bacalah semua yang kamu bisa

Sastra klasik, novel, koran, situs web, email, umpan media sosial, kotak makanan: jika ditulis dalam bahasa Inggris, bacalah. Mengapa? Nah, konten ini akan penuh dengan kosakata bahasa inggris baru yang menarik, serta cukup banyak yang sudah kamu ketahui. Ini membantu berkembang dengan cepat, karena pengungkapan kembali kosakata yang dipelajari memberi contoh baru dalam konteks & memperkuat kata-kata itu di benak kamu. Di sisi lain, mempelajari kata-kata dan ungkapan baru sangat penting untuk membangun gudang kosakata. Namun, jangan hanya membaca kamu harus konsisten dan ...

belajar bahasa inggris

Secara aktif mencatat kosakata baru

Ini adalah cara klasik karena pasti berhasil! Saat belajar, kita sering menikmati kata-kata baru dari frase sehingga melupakannya tampak mustahil. Tapi percayalah, tidak semuanya cocok untuk pertama kalinya. Untuk mengatasi hal ini, biasakan membawa-bawa buku catatan. Setiap kali mendengar atau membaca kata atau ungkapan baru, tulislah dalam konteks: yaitu, dalam kalimat dan dengan mencantumkan artinya. Ini menghemat waktu karena kamu tidak akan kembali ke kata itu dan bertanya pada diri sendiri: "Apa arti kata / ungkapan itu lagi?"

Bicara dengan manusia nyata

Apa fungsi bahasa jika tidak untuk berkomunikasi? Tentu, kita manusia telah menjadi ahli dalam berkomunikasi tanpa membuka mulut - lihat Whatsapp, telegram atau aplikasi kirim pesan lain! Benar bahwa berbicara membantu jauh lebih baik dibanding hanya membaca atau menulisnya. Coba pikirkan berapa kali kamu pernah mendengar orang berkata bahwa mereka "saya mengerti apa yang dikatakannya, tetapi tidak bisa menjawab dengan berbahasa Inggris." Banyak calon penutur bahasa Inggris telah mengubah berbicara menjadi penghalang besar yang tidak dapat diatasi yang hanya berfungsi untuk menenangkan mereka. Jangan seperti itu, carilah penutur asli untuk pertukaran bahasa informal, mendaftar di kursus, atau mengambil kelas online.

Berlangganan podcast atau Youtube berbahasa Inggris

Suka humor? Politik? Ngeblog? Memasak? Dengan topik yang mencakup setiap minat yang bisa dibayangkan, ada podcast berbahasa Inggris atau Youtube di luar sana untuk kamu. Subscribe beberapa dan dengarkan saat naik mobil atau menonton selama perjalanan kemana pun. Pada awalnya, kamu mungkin merasa kesulitan untuk mengikuti aksen asli, tetapi teruslah menggunakannya dan secara perlahan akan memahami apa yang kamu dengar. Yang paling penting kamu mempelajari banyak kosakata bahasa inggris baru dari penutur asli alias native speaker.

Pergi ke luar negeri

Kamu pasti sudah tahu beda IELTS & TOEFL tapi jika ada cara yang lebih baik untuk belajar bahasa Inggris ialah belajar langsung di negara bertutur kata Inggris. Dengan banyaknya pilihan negara, kamu dapat memilih lingkungan belajar yang ideal, cuaca menunjang, atau kota favorit. Kamu bisa pikirkan dari sekarang misalnya Australia, Selandia Baru, Inggris Raya, AS, Kanada, dan Afrika Selatan.

Gunakan Teman Sekitar

Punya teman yang memposting dalam bahasa Inggris? Jangan mengabaikannya, baca yang mereka bagikan dan berkomitmen untuk menjelajahinya satu atau dua setiap hari. Bisa berupa artikel berita atau majalah, video, ceramah, entri blog, lagu, atau apa pun yang penting isinya dalam bahasa Inggris dan topiknya menarik bagi pasti itu akan sangat membantu!

Ajukan banyak pertanyaan

Saat belajar bahasa Inggris, pasti akan timbul banyak pertanyaan. Jangan ragu untuk tanyakan langsung kepada guru kursus kamu. Tetapi jika belajar sendiri, jangan khawatir karena kamu akan temukan jawaban di blog atau situs web bahasa, tanyakan kepada pelajar lain, atau baca forum.

Belajar Dari Idola

Tidak salah memilih aktor atau penyanyi penutur asli bahasa Inggris yang disukai. Sekarang secara online bisa menemukan banyak wawancara yang telah mereka berikan - dan tontonlah! Luangkan waktu untuk mencatat ekspresi dan kata-kata menarik, bahasa gaul, cerita, humor, dan anekdot yang keluar dari wawancara ini pasti akan memberi banyak hal untuk dipelajari.

Mulailah dengan apa yang benar-benar dibutuhkan

Pelajaran bahasa Inggris akan berjalan jauh lebih cepat jika kamu terus-menerus mengingatkan diri sendiri tentang tujuan belajar. Terus mengasah kata-kata pembuka percakapan, perkaya kosakata perjalanan dan pariwisata akan menjadi panduan terbaik. Jika baru saja mulai belajar bahasa Inggris dengan harapan bisa secara ajaib belajar apa saja sekaligus, kamu mungkin akan bingung dan kelelahan. Yang membawa kita kedalam ...

Jangan menyalahkan diri sendiri

Ketika kamu mulai merasa seperti bimbang, "Saya tidak bisa berbicara bahasa Inggris dengan benar" atau "Saya tidak akan pernah mengerti." Sebaiknya larang frasa itu muncul dalam kosakata. Karena hal tersebut hanya mengaburkan pemahaman tentang kemajuan yang telah dibuat dan meyakinkan bahwa impian untuk berbicara bahasa Inggris dengan baik adalah mustahil. Akan jauh lebih baik katakan "Saya belajar bahasa Inggris dan melakukan peningkatan setiap hari," "Tidak selalu mudah, tapi sepadan," "Saya sekarang jauh lebih baik dari enam bulan yang lalu," dan frasa lain untuk mengingatkan diri tentang sebuah pencapaian besar.

Jika belum bisa tenang saja, asal tips-tips tersebut konsisten kamu jalankan kamu bisa mahir bahasa inggris tanpa perlu mengikuti kursus.


Related Posts

Published by

penulis

penulis

Hanya orang biasa yang senang belajar suatu hal baru dari media online. Tidak mau mengaku sebagai orang yang kreatif, sementara hanya menghadirkan karya non-fiksi, bukan karya ilmiah, bukan juga makalah atau jurnal. Ini bukan karya besar, hanya artikel yang dituangkan untuk bisa mewakili ide sendiri, pikiran, serta perasaan sendiri. Namun tetap bersumber pada informasi yang bertebaran di jagat maya.