Menjadikan Dapur Sempit Terkesan Lega

Keberadaan dapur pada sebuah rumah sangat diperlukan karena merupakan salah satu tempat mengolah makanan sebagai penunjang kebutuhan hidup manusia. Jadi dapur selayaknya memiliki ruang cukup luas agar aktivitas kegiatan masak memasak dapat berlangsung nyaman dan menyenangkan.

contoh desain dapur minimalis

Kalau punya tempat tinggal luas ukuran dapurnya pasti leluasa, namun lain hal jika rumah memiliki keterbatasan lahan. Pangkas ukuran dapur menjadi pilihan, dengan berat hati kita membuat dapur berukuran kecil. Untuk itu diperlukan penataan interior tepat bagi dapur sempit agar terkesan lega.

Dapur sempit bukan masalah besar, asalkan ada tempat untuk kompor gas, tempat cuci, peralatan memasak lainnya serta paling penting ruang gerak untuk memasak ada, sudah cukup. Tinggal mengatur bagaimana penataan ruangan menjadi efisien dan praktis. Dapur ukuran luas pun jika tidak ditata dengan benar akan terkesan sempit.

Menciptakan Dapur Sempit Terkesan Lega

Berikut beberapa tips dapat kamu lakukan sendiri untuk menjadikan dapur sempit terkesan lega tanpa harus mengundang seorang desainer interior.

  1. Tentukan tempat dimana letak semua barang kebutuhan di dapur, sebaiknya pilih peralatan paling penting dan banyak digunakan. Hal ini supaya menjaga kerapian dan efisiensi ruangan dapur yang terbatas.
  2. Ruangan dapur harus terang. Usahakan dapur mendapat sinar matahari karena tempat gelap akan lebih menyebabkan lembab. Selain itu, pencahayaan dari sinar matahari akan menghemat penggunaan listrik di siang hari serta menghindari penyakit yang mungkin berasal dari dapur.
  3. Dapur harus memiliki sirkulasi udara baik. Meskipun ruangan sempit, jika udara banyak yang masuk akan membuat suasana saat memasak, seakan di ruang terbuka. Selain itu asap masakan bisa keluar dan tergantikan udara baru yang tidak akan menyebabkan sesak napas.
  4. Gunakan lemari dari kaca tembus pandang ke dalam isi lemari. Jika mau lebih ekstrim pakai almari tanpa pintu dan biarkan isi almari dapat terlihat dengan mudah. Hal ini akan memperluas pandangan tanpa sekat-sekat.
  5. Cat dinding dapur dengan warna terang. Kamu bisa membuat warna warni dapur untuk menyiasati ruang agar terkesan luas. Misalkan warna almari dapur kuning, tembok di belakang almari diberi warna cat kuning.
  6. Menggunakan kitchen set. Sebaiknya memesan kitchen set daripada yang sudah jadi. Kitchen set pesanan dapat disesuaikan dengan bentuk ruangan dapur. Tidak kalah penting cahaya matahari dan sirkulasi udara tidak terhalang, fungsional serta hemat tempat.

Memiliki dapur sempit karena keterbatasan lahan maupun ruang bukan menjadi halangan untuk mengurangi aktivitas di dapur. Jika dapur terkesan lega akan menjadikan kegiatan masak-memasak akan lebih menyenangkan dan akan bisa menghidangkan makanan lezat bagi keluarga. (dre/arudam)


Artikel terkait

Dipublikasikan oleh

Tukang

Tukang

Hanya orang biasa, jadi bagi cari jasa tukang terbaik di Indonesia silakan hubungi mandor terdekat. Semoga artikel tersaji bisa menyelesaikan masalah renovasi rumah, bangunan dengan hasil maksimal.

Memang biasanya perkerjaan tukang didominasi daerah tertentu. Tukang juga sudah terbiasa bekerja sendiri, sistem borongan atau berkelompok dengan seorang mandor sebagai kepalanya. Percayakan segala urusan pembetulan tempat tinggal dengan memaksimalkan teknologi.