Cara Mudah Menambal Kusen Kayu Keropos Kena Rayap

Memiliki rumah dengan kusen kayu baik itu untuk pintu maupun jendela sangat baik, karena terlihat lebih alami dan berkelas. Akan tetapi kusen berbahan material kayu memiliki kekurangan salah satunya adalah rentan terhadap serangan rayap. Terkadang rayap tidak peduli jenis kayu, entah itu kayu jati, kamper, meranti dan lainnya, jika tidak ada yang dapat dimakan, maka kayu akan menjadi sasaran.

jendela minimalis

Meskipun kayu telah dilapisi anti rayap, namun seiring waktu terkadang kita lupa bahwa lapisan anti rayap atau bahan lain bisa pudar dan tidak tahu bahwa rayap telah menggerogoti kusen dirumah, hingga akhirnya membuat kusen jadi keropos. Jika demikian, apa boleh buat, terpaksa mengganti kusen bila keropos sangat parah. Namun jika kusen masih layak dipakai karena keropos tidak begitu parah, masih ada jalan keluar yaitu menambal kusen.

Cara menambah kusen keropos ini sangat mudah dan murah serta dapat dikerjakan sendiri. Akan tetapi sebelum menambal kusen keropos tersebut, jangan biarkan serangan rayap terus berlanjut, basmi serangga tersebut secepat mungkin agar tidak terus menggerogoti kusen dengan obat anti rayap atau minyak tanah.

kusen minimalis

Menambal Kusen Kayu Keropos

Bahan untuk menambah kusen kayu yaitu serbuk kayu, lem kayu dan sedikit air. Bahan-bahan tersebut mudah dicari dan murah. Lem kayu banyak dijual di toko bangunan dan serbuk kayu bisa meminta di penggergajian kayu, tukang mebel atau jika tidak ketemu, ambil sepotong kayu lalu gergaji sendiri, nah serbuk gergajian dari kayu tersebut kita pakai.

Lem Kayu Harga
Lem Kayu Alifatik Presto DN 23.000
Waterproof Lem Putih Kayu Tahan Air Presto WRG 600 gram 37.500
Lem Dextone ALIPHATIC 500gr Coklat Muda 19.000
Lem Putih Kayu Mebel Hpl Tacosheet Presto Tipe DN 600 gram 23.500
lem kayu crona 234 laminasi jointing waterbased 28.000
Lem putih kayu mebel hpl presto tipe dn 28.000
dextone no more nails lem anti paku keramik kayu metal lem dextone 24.500
Dextone WRG Lem Kayu Botol 500 g Tahan Air 26.000
lem kayu crona 222 wrg exterior waterbased 38.000

Campur bahan-bahan tersebut dengan perbandingan lem dan sebuk kayu kurang lebih 1:10 dan tambahkan air sekitar 10 %. Kemudian aduk hingga benar-benar tercampur merata sehingga akan menghasilkan adonan yang tidak terlalu kental atau encer.

Gunakan adonan tersebut untuk menambal kusen keropos dengan menggunakan kape atau sendok dempul sampai tertutup rata. Biarkan benar-benar kering, jika sudah lakukan finishing dengan menambah dempul kayu, diampelas dan langkah terakhir dicat ulang seluruh kusen. Kusen jadi baru lagi.

Tambal Kayu Dengan Dempul

Hasil tambal dengan metode lem cukup bagus, tapi memang sedikit lama jika dibandingkan pakai dempul kayu.

Jenis Dempul, Merek Harga
Dempul Sanpolac 250 Gr 13.500
Wood filler jati biovarnish water based 700gr 24.000
Wood filler ramin biovarnish water based 700gr 24.000
dempul kayu wood filler waterbased biovarnish ramin 46.000
dempul kayu duco putty putih cup 600 gr 24.000
Propan Aqua Kayu Water Based 34.000
dempul kayu jati waterbased biovarnish 46.000
Kape Harga
Kape Gagang Mini/Scraper/Pengerok Cat/Putty Knife Ukuran 15 mm 7.000
Kape Set Kape Plat Putty Scraper 9.000
kape / skrap gagang karet tebal 8.000
Kape Putty Scraper 2pc *DS12 14.900
kape gagang plastik Ace oldfields 1 inch 9.000
  • Siapkan dempul kayu
  • Siapkan pisau pallet / kape
  • Oleskan dempul menggunakan kape pada kayu berlubang
  • Ulangi proses sebelum kering, supaya lubang tertutup sempurna.

(dre/arudam)


Artikel terkait

Dipublikasikan oleh

Tukang

Tukang

Hanya orang biasa, jadi bagi cari jasa tukang terbaik di Indonesia silakan hubungi mandor terdekat. Semoga artikel tersaji bisa menyelesaikan masalah renovasi rumah, bangunan dengan hasil maksimal.

Memang biasanya perkerjaan tukang didominasi daerah tertentu. Tukang juga sudah terbiasa bekerja sendiri, sistem borongan atau berkelompok dengan seorang mandor sebagai kepalanya. Percayakan segala urusan pembetulan tempat tinggal dengan memaksimalkan teknologi.