Rupiah, Kenali Lebih Dekat Mata Uang Kita

Siapa yang tidak suka Rupiah ? Kamu semua tahu dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote pakai rupiah. Tapi tunggu dulu sebentar, apakah kamu mengenali Rupiah dengan baik ?

Terkait pengenalan Rupiah adalah satu upaya edukasi dari Bank Indonesia kepada khalayak. Rupiah harus menjadi kekuatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Rupiah wajib dikenali keasliannya secara gampang serta terjaga keamanannya dari kejahatan pemalsuan uang.

Awal Kampanye rupiah 3D, "Dilihat, Diraba, Diterawang". Tiga kata dalam slogan kampanye tersebut dipakai awam untuk mengenali uang Rupiah asli.

Intinya Rupiah harus menjadi penguasa di Indonesia. Kekuatan Rupiah adalah harga mutlak.

Rupiah sebagai mata uang resmi Indonesia tentu menjadi alat tukar paling utama. Tentunya mata uang rupiah ini dicetak dan diatur tata caranya oleh Bank Indonesia dengan kode ISO 4217 IDR. Orang Indonesia secara umum menyebut mata uang rupiah ini dengan istilah "perak".

lembaran mata uang rupiah

Jika kamu punya pertanyaan terkait dengan bagaimana ciri keaslian uang Rupiah, bentuk pemalsuan uang Rupiah, ciri uang rupiah yang sudah tidak layak edar, dan kenapa uang rupiah sampai dicabut atau ditarik dari peredaran. Untuk lebih jelasnya akan dibagi dalam beberapa segmen, antara lain :

  • Rupiah Dicabut & Ditarik dari Peredaran, data dari Bank Indonesia terkini ketika halaman ini dibuat adalah 12 Oktober 2017.
  • Tidak Layak Edar karena lusuh atau rusak, data dari Bank Indonesia terkini ketika halaman ini dibuat adalah 12 Oktober 2017.
  • Cegah & Penanggulangan Uang Rupiah Palsu, data dari Bank Indonesia terkini ketika halaman ini dibuat adalah 12 Oktober 2017.
  • Ciri Uang Rupiah Asli, data dari Bank Indonesia terkini ketika halaman ini dibuat adalah 12 Oktober 2017.