Persiapan Kendaraan Untuk Kembali Kerja

Beberapa kota besar melakukan transisi PSBB. Salah satu contohnya Jakarta mulai senin tanggal 8 Juni 2020, sudah ada izin terkait perkantoran bakal buka lagi. Bagi kamu yang kembali kerja menggunakan mobil pribadi atau umum, jangan lupa untuk menyiapkan segalanya secara cermat.

aman berkendara

Berdoa sudah pasti, selanjutnya beberapa tips buat persiapan kamu saat berkendara sebelum kembali kerja besok, antara lain :

Persiapkan Kondisi Kendaraan

Sebagai pemilik mobil kamu perlu memastikan kondisi kendaraan sudah prima karena terparkir cukup lama. Jangan sampai kendaraan tidak siap karena terdapat masalah yang menimbulkan kecelakaan.

Langkah sederhana bisa kamu lakukan sendiri yaitu mengecek tekanan ban, oli mesin, lampu, klakson, radiator serta komponen lain. Perhatikan dengan seksama apakah semua wajar atau tidak, mungkin lebih afdol dengan mesin nyala kemudian kamu mengetes berkeliling sekitar lingkungan.

Jika berniat untuk ganti, kamu bisa gunakan seva. Ada mobil baru, bekas, stock cleareance hingga tukar tambah.

Cek Surat-Surat Kendaraan

Nama juga manusia, karena lama tidak dipakai kamu mungkin saja lupa di mana menyimpan surat-surat kendaraan, atau jangan-jangan ada masa berlakunya yang sudah jatuh tempo. Jika ya jangan dipaksakan. Silakan cek kembali surat-surat berkendara seperti SIM dan STNK kamu sekarang.

Pakai Alat Pengaman Diri

Belakang jadi kebiasaan, ya pastikan kamu memakai alat pengaman diri (APD). Setidaknya kamu perlu pakai masker standar.

Jangan lupa bawa juga hand sanitizer serta cairan pembersih khusus mobil sebagai disinfektan untuk menjaga bagian mobil tetap aman & bebas virus.

Taat Aturan Physical Distancing

Lakukan protokol jaga jarak, jadi saat berkendara bersama penumpang tidak berdekatan atau melebihi batas 50%. Contohnya, kapasitas mobil keluarga maksimal penumpang bisa hingga 6 orang, maka sekarang hanya yang boleh masuk 3 orang saja.

Coba Adaptasi Kendaraan

3 bulan dirumah bukan waktu yang tidak sebentar. Hal semacam ini bisa membuat kamu lupa beberapa atau sedikit kagok ketika mengemudi. Jadi sebaiknya cobalah untuk beradaptasi kembali dengan mobil, misalnya kamu duduk kemudian ambil posisi seperti menyetir. Selama itu, kamu bisa memeriksa kondisi kendaraan melalui panel kemudian cobalah untuk menjalankan berbagai fitur kendaraan untuk sekadar mengingat.

Jangan Lupa Sabuk Pengaman

Pastikan kamu pakai sabuk pengaman termasuk penumpang di bangku tengah sebagai pencegahan & keamanan berkendara.

Pegang Prinsip Keamanan

Safety driving adalah utama ketika berkendara, jangan terlalu agresif di jalan. Jaga emosi meski ada pengguna jalan lain bertindak membahayakan, selain itu sudah wajib untuk taat aturan lalu lintas.

Perhatikan Barang Bawaan

Ketika meninggalkan kendaraan pastikan semua pintu terkunci dengan benar. Jangan sampai mengundang niat jahat.


Related Posts

Published by

montir

montir

Senang menulis hal terkait dengan dunia otomotif, termasuk mobil & motor. Sering sekali memperbaiki khususnya tulisan yang salah, kurang lengkap dan menambahkan aksesori pelengkap catatan.