Mengenal Jenis – Jenis Artikel

Kamu pasti sering baca artikel, beberapa jenis tulisan mungkin sangat familiar.

Secara umum artikel bisa disebut sebagai salah satu karya tulis ilmiah, isinya bisa berupa gagasan, fakta, rumor dan dipublikasi untuk konsumsi pembaca.

jenis artikel

Jika ditelaah lebih mendalam kamu akan mengenal jenis-jenis teks artikel, berikut dibawah ini merupakan daftar jenis artikel yang sering kita temui :

Artikel Narasi

Artikel narasi sendiri adalah salah satu jenis artikel yang didalamnya menceritakan suatu rangkaian peristiwa secara sistematis, baik fiksi ataupun non-fiksi. Biasanya pada sebuah artikel narasi sendiri memiliki orientasi, konflik dan resolusi hingga koda. Autobiografi meupakan salah satu karya tulis yang masuk kedalam artikel narasi.

Kamu mungkin tertarik dengan beberapa contoh artikel pendidikan meliputi pendidikan karakter, motivasi hidup, toleransi, keberagaman, agama Islam, budi bekerti dan pendidikan sosial..

Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi merupakan sebuah artikel yang isinya merupakan bisa menggambarkan sesuatu hal kepada para pembacanya. Bentuknya bisa seperti karangan, tujuannya agar pembaca dapat merasakan dan juga melihat isi pada artikel deskripsi tersebut.

Artikel Eksposisi

Artikel eksposisi merupakan sebuah karya tulis ilmiah yang isinya bisa menambah pengetahuan dari pembaca, karena artikel eksposisi bisa memberikan penjelasan serta informasi akurat. Untuk menunjang hal tersebut didalam artikel eksposisi sendiri biasanya dilengkapi gambar dan fakta pendukung lainnya.

Artikel Argumentasi

Artikel argumentasi merupakan sebuah artikel yang bertujuan mengungkapkan pendapat dalam hal membuktikan suatu kebenaran, tentunya akan lengkap dengan memberikan data sebagai bukti pendukung serta fakta yang dapat dijadikan sebagai acuan. Namun pada artikel argumentasi sendiri akan terdapat banyak opini.

Artikel Persuasi

Artikel persuasi adalah sebuah karya tulis yang bertujuan untuk mempengaruhi para pembacanya. Dengan begitu, para pembaca tadi memiliki keinginan untuk melakukan sesuatu sesuai anjuran dari si penulis tersebut. Salah satu contoh yang termasuk kedalam artikel persuasi seperti artikel tentang bahaya radikalisme.

Dengan mengenai beberapa jenis karya tulis tentu kamu semakin paham, karena beberapa penulis hebat bisa terkenal dengan karya-karya mereka, ya bukan sekadar menulis sebagai hobi karena menulis artikel bisa benar-benar menghasilkan.

Bisa dibilang menulis artikel adalah pekerjaan online yang menghasilkan uang, banyak sekali media daring rela menggaji wartawan, penulis dan editor.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai arti serta jenis-jenis sebuah artikel. Semoga tulisan ini bermanfaat buat kamu semua.


Related Posts

Published by

penulis

penulis

Hanya orang biasa yang senang belajar suatu hal baru dari media online. Tidak mau mengaku sebagai orang yang kreatif, sementara hanya menghadirkan karya non-fiksi, bukan karya ilmiah, bukan juga makalah atau jurnal. Ini bukan karya besar, hanya artikel yang dituangkan untuk bisa mewakili ide sendiri, pikiran, serta perasaan sendiri. Namun tetap bersumber pada informasi yang bertebaran di jagat maya.