Bingung

Kalau sedang bingung cari tahu disini

Kok Bingung Sih, Kenapa Ya?

- dalam Uncategorized oleh

Bingung merupakan suatu situasi yang sering orang alami ketika menjalankan kehidupan yang sarat dinamika. Kegundahan bisa dibilang kecil, menengah hingga kelas berat, kadarnya sendiri tidak ada patokan tapi pasti pernah semua orang mengalaminya.

Kapan Mulai Bingung

Bingung biasanya muncul karena tidak sesuai dengan rutinitas atau keharusan memilih. Kamu bisa bingung mau pesan makanan apa, besok mau masak apa buat orang tercinta, bingung kode bank BRI itu berapa, galau mutusin liburan kemana, bingung beli rumah atau KPR aja, kamu baru lulus SMA lalu stres pilih jurusan apa yang cocok, takut nyasar karena gak tau rute krl, buat jomblo akut ketika ada yang nembak duluan mau diterima apa tidak juga bingung, gimana cara berhenti donasi UNICEF kalau kebutuhan mendesak saldo seret karena kartu kredit kamu auto debet donasi UNICEF dan masih banyak hal remeh temeh tapi bikin bingung setengah mati.

Kebingungan tidak hadir begitu saja, justru sangat bagus untuk melatih berpikir cepat menentukan pilihan. Setidaknya mencari beberapa referensi sebelum memutuskan langkah yang akan diambil.

Kenapa kita bingung?

Kita akan bingung karena secara hitungan itu nyaris seimbang atau tidak ada jawaban pasti. Hanya termenung, memikirkan kita harus mengambil sikap yang mana untuk segera. Ada baiknya saat keadaan ini muncul tarik nafas panjang, jauhkan dari pikiran negatif cari rekan atau saudara yang sekiranya bisa memberikan saran, jangan pikirkan siapa orang yang paling tepat untuk menjawab.

Setelah mendapat jawaban, bisa saja muncul keraguan, tapi itu hal wajar. Jangan tergesa, karena bisa jadi itu adalah tanda bahwa ada jawaban lain yang lebih tepat.

Doa & percayalah pada sang Maha Pencipta, itulah kunci dari semuanya. Dia akan membimbing hambanya yang membutuhkan. Ingat, jangan hanya memohon petunjuk, tapi kita harus tetap berikhtiar. Karena doa tanpa ikhtiar hanyalah angan.

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga mereka mengubah diri mereka sendiri,” (QS. Ar-Ra'd:11)

Comments