Beli Mobil Bekas Layak Pakai, Bagaimana Cek nya ?

Sekarang industri otomotif memang tengah lesu, tapi setiap tahun selalu ada mobil baru yang hadir. Maka tidak aneh jika banyak mobil bekas pakai yang sengaja dijual karena sang pemilik ingin ganti kendaraan terbaru.

beli mobil bekas

Kamu tertarik beli mobil seken ? sudah wajar sebagai calon pembeli mobil bekas kamu wajib waspada dan cermat ketika menaksir mobil seken. Jika tidak begitu kamu akan rugi karena ternyata kendaraan tersebut mendatangkan banyak masalah. Disini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain :

Waspada Penjual Nakal

Mobil bekas secara umum pasti memiliki jarak pakai yang lumayan, terkadang dengan patokan tersebut membuat mobil memiliki nilai lebih. Disini jika kurang waspada banyak penjual tak bertanggung jawab ingin mengambil keuntungan padahal mobil tersebut tidak sesuai dengan kenyataan. Oknum penjual bisa saja menipu pembeli dengan mengubah kilometer lebih sedikit dengan aslinya sehingga pembeli yakin mesin mobil tersebut masih layak pakai.

Mobil dengan odometer berupa angka manual, biasanya lebih sulit dimanipulasi. Namun karena mobil-mobil bekas sekarang umumnya menggunakan odometer berbentuk digital, alat ini jauh lebih mudah dioprek.

Bagaimana Mobil Bekas Tak Layak Pakai

Selain jarak tempuh yang dibaca dari odometer, masih ada lagi ciri-ciri yang dapat dikenali sejak awal jika ingin membeli mobil bekas. Pertama-tama kamu bisa lihat pada bodi mobil. Pastikan warna cat senada, kalau warna belang bisa disimpulkan kemungkinan mobil tersebut telah dicat ulang sebab pernah lecet atau kerusakan pada bodi namun sengaja ditutupi biar terkesan mulus.

Selain warna cat, kamu juga bisa mengecek pintu dan jendela mobil. Kondisi pintu dan jendela wajib dalam keadaan posisi rapat, jika ada sela atau tidak tertutup rapih maka mobil tersebut pernah mengalami benturan keras.

Kemudian jangan lupa memeriksa interior mobil tersebut, untuk memastika jika mobil bagus tidak pernah terendam banjir. Air banjir yang memasuki mobil akan menimbulkan bekas karat hingga menimbulkan aroma tak sedap dalam mobil.

Yang terakhir harus kamu lakukan adalah merasakan sendiri kenyamanan berkendara mobil tersebut. Apakah ada suara aneh dari mesin atau setir kurang nyaman. Jangan terburu-buru untuk beli mobil bekas karena harga miring, lebih penting adalah kondisi mobil bekas yang bakal dibeli masih layak dipakai meskipun rasanya tidak seperti mobil baru. Jangan salah pilih karena akan menyebabkan menyesal kemudian hari.


Related Posts

Published by

montir

montir

Senang menulis hal terkait dengan dunia otomotif, termasuk mobil & motor. Sering sekali memperbaiki khususnya tulisan yang salah, kurang lengkap dan menambahkan aksesori pelengkap catatan.