Beli Mobil Bekas di Tempat Lelang, Baca Nih Tipsnya

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang banyak peminatnya, tidak heran jika dari waktu ke waktu jumlah pembelian mobil ini semakin meningkat. Tidak hanya mobil baru, angka penjualan mobil bekas juga mengalami peningkatan. Pembelian mobil bekas banyak diburu karena harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan mobil baru.

mobil lelang

Bagi kamu yang tertarik untuk membeli mobil bekas, ada cara terbaru untuk mendapatkan unit mobil dengan harga terbaik yaitu melalui tempat lelang atau balai lelang. Dibandingkan dengan dealer atau individu yang membeli melalui balai lelang akan jauh lebih menguntungkan. Meski begitu, ada beberapa trik atau tips yang harus kamu ketahui agar pembelian mobil bekas di lelang menguntungkan tidak menguntungkan, seperti tips berikut ini:

Teliti & Pahami Prosedurnya

Tips lelang mobil bekas pertama yang bisa kamu lakukan adalah memahami prosedurnya. Prosedur ini sangat penting diketahui sebelum mengikuti lelang. Agar kamu bisa memahami prosedur lelang secara pasti, ada baiknya jika kamu mengakses website situs lelang tersebut karena setiap tempat lelang memiliki prosedurnya masing-masing. Selain dari website, kamu bisa bertanya langsung ke balai lelang atau bertanya langsung ke customer service.

Jangan Asal Pilih Kendaraan

Setelah kamu memahami prosedurnya, langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah memilih kendaraan sasaran. Tempat pelelangan akan menginformasikan kepada kamu mobil mana yang akan dilelang pada hari pelelangan. Pastikan selama jadwal lelang mobil target kamu masuk dalam daftar mobil yang akan dilelang. Penting bagi kamu untuk mengetahui jenis mobil, tipe, tahun produksi, nilai kondisi mobil, warna, dan kelengkapan dokumen. Jangan lupa untuk menuliskan contact phone untuk mendapatkan informasi terkait mobil bekas.

Selalu Periksa Kondisi Kendaraan

Setelah kamu melakukan beberapa cara diatas, maka cara selanjutnya untuk melakukan ini adalah dengan melakukan pengecekan kondisi kendaraan. Untuk mengeceknya, kamu bisa datang langsung ke open house. Kamu bisa bertanya kepada juru lelang kapan open house lelang mobil bekas digelar. Di open house ini kamu bisa melihat fisik kendaraan secara keseluruhan. Ada baiknya jika kamu mengajak teman-teman yang paham tentang mesin, eksterior mobil dan desain interior saat open house ini. Jika kamu menemukan cacat atau kondisi mesin yang buruk kamu dapat membatalkannya, sementara jika semua kondisinya baik kamu dapat melanjutkan ke pendaftaran.

Baca Riwayat Service

Tips mengikuti lelang mobil yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah memperhatikan service history. Dengan mengetahui sejarah layanan ini kamu akan mengetahui bagaimana pemilik mobil bekas merawat dan merawat mobilnya. Namun, tidak semua rumah lelang memberikan sejarah layanan ini.

Apakah Dokumennya Lengkap

Hal terpenting yang harus kamu lakukan saat akan mengikuti lelang mobil bekas adalah memeriksa kelengkapan dokumen. Kelengkapan dokumen ini sebenarnya sudah ada dan sudah dicantumkan di katalog, seperti masa berlaku BPKB dan STNK. Namun, kamu harus memastikan kembali ketersediaan dokumen-dokumen ini secara langsung di lelang. Apakah dokumen tersebut benar-benar ada seperti di katalog atau tidak.

Jangan Terburu-buru

Dengan mengikuti lelang, berarti kamu siap bersaing. Unit mobil yang kamu suka bisa jadi incaran orang lain. Selama proses tawar-menawar, jangan menjadi emosional karena kamu menginginkannya. Hal ini justru akan membuat kamu over price atau lebih mahal dari harga pasaran.

Itulah beberapa tips untuk mengikuti lelang mobil bekas yang penting untuk kamu perhatikan jika tidak mau ribet kamu bisa coba seva salah satu pusat mobil murah besutan astra, semoga informasi ini bermanfaat.


Related Posts

  • No related post found

Published by

montir

montir

Senang menulis hal terkait dengan dunia otomotif, termasuk mobil & motor. Sering sekali memperbaiki khususnya tulisan yang salah, kurang lengkap dan menambahkan aksesori pelengkap catatan.