Kota Tanpa Mobil, Bebas Polusi di Dunia

Polusi udara & suara menjadi konsen dunia, sehingga beberapa wilayah memutuskan untuk meniadakan transportasi seperti mobil beroperasi. Kota metropolitan memang kental dengan kendaraan seperti mobil, motor serta transportasi massal. Banyak dari kita yang tinggal di kota besar pasti punya mobil atau motor. Paling tidak sebelum pandemi kita sering pakai kendaraan umum seperti bus, krl, angkot dan lainnya. Pernahkah kamu membayangkan kalau kota besar tanpa mobil sama sekali?

Faktanya, ada beberapa kota di dunia memang berjalan normal tanpa mobil, berikut informasi lengkapnya.

Venesia, kota tanpa mobil di Italia

Siapa tidak kenal kota Venesia ? Salah satu kota di Italia ini saling terhubung melalui kanal-kanal dan jembatan, jadi tidak butuh mobil untuk aktivitas penduduknya.

kanal kecil kota venesia

Salah satu magnet wisata di Italia ini menawarkan atraksi utama yang terbilang unik, ya kamu bakal menyusuri kanal dengan perahu khas Venesia yang disebut gondola. Konon perahu ini sudah eksis sejak awal abad 11 kurang lebih tahun 1094, jika dihitung sekarang (2020) sekitar 926 tahun.

Tidak hanya saluran air, kota Venesia bisa diakses melalui jalan serta lorong kecil. Kota Venesia sendiri adalah gabungan dari 118 gugusan pulau kecil yang saling terhubung dengan kurang lebih 400 jembatan.

Giethoorn, kota tanpa mobil di Belanda

Giethoorn merupakan salah satu kota tanpa mobil terkenal di belanda, karena sebagian besar penduduk kota ini menggunakan perahu. Kota dengan julukan "Kota Venesia-nya Belanda" tepatnya berada di provinsi Overijssel (Belanda bagian timur) provinsinya berbatasan langsung dengan Jerman.

sungai kecil Giethoorn

Kota Giethoorn tergolong kecil karena berpenduduk sekitar 2,620 orang, uniknya hanya memiliki akses berupa saluran air yang bisa dilalui perahu selebihnya ada jalan setapak untuk pedestarian dan bisa dipakai sepeda. Ciri khas menonjol kota Giethoorn adalah pedesaan dengan deretan properti mungil lengkap pohon rimbun serta jembatan.

Gili Trawangan, Bali kota tanpa mobil di Indonesia

Siapa pernah Gili Trawangan ? pernah kamu lihat mobil atau motor lalu lalang disini ? Gili Trawangan bukan satu-satunya daerah yang bebas knalpot, masih dua pulau kecil atau orang sana menyebutnya Gili, yaitu Gili Meno serta Gili Air.

cidomo di gili trawangan

Gili Trawangan sangat dekat dari Lombok, turis & penduduk lokal tidak boleh pakai mobil ataupun motor. Kamu hanya boleh menyusuri daerah ini dengan berjalan kaki, masih boleh naik sepeda, atau kendaraan semacam delman. Disini ada istilah CIDOMO yang tidak lain adalah akronim dari CIkar DOkar MObil. Berwisata sehat tanpa polusi tentu bakal terasa berbeda.

Selain 3 kota diatas, ada lagi kota yang melarang kendaraan bermotor beroperasi. Sederet nama kota atau daerah tanpa mobil antara lain :

  • Kota Ghent di Belgia,
  • Lamu di Kenya,
  • Fire Island di Amerika Serikat,
  • Zermatt di Swiss,
  • Hydra Island di Yunani,
  • Fes el Bali di Maroko,
  • La Cumbrecita di Argentina,
  • Halibut Cove di Amerika Serikat,
  • Dubrovnik di Kroasia,
  • Island of Sark di Kepulauan Channel,
  • Mackinac Island di Amerika Serikat,
  • Civita di Bagnoregio Italia.

Banyak sekali alasan kenapa daerah-daerah tersebut tidak ada mobil, tujuan utamanya jelas mengurangi polusi, daya tarik turis, akses jalan sempit, penduduk tidak banyak, kontur daerahnya tidak cocok untuk mobil dan sebagainya.


Related Posts

Published by

montir

montir

Senang menulis hal terkait dengan dunia otomotif, termasuk mobil & motor. Sering sekali memperbaiki khususnya tulisan yang salah, kurang lengkap dan menambahkan aksesori pelengkap catatan.