Cara Cek Odometer Mobil, Bekas Oprekan Atau Asli

Odometer sejatinya memperlihatkan jarak tempuh sebuah mobil. Tidak jarang odometer menjadi patokan ketika akan membeli mobil bekas. Dikarenakan banyak penjual nakal maka angka odometer akan diragukan keasliannya. Jika kamu cukup cermat maka jangan khawatir, berikut cara memeriksa odometer bodong atau asli.

odometer mobil

Sebagai informasi tambahan, odometer merupakan alat yang berfungsi guna menampilkan jarak tempuh kendaraan, tidak jarang odometer dijadikan sebagai patokan pengguna mobil kalau ingin mengganti oli. Hingga sekarang dikenal ada dua jenis odometer, yaitu odometer analog (mekanik) dan digital (elektronik).

Cek instrumen cluster odometer

Cara paling umum digunakan oleh para oknum pedagang mobil bekas adalah dengan membongkar instrumen cluster kemudian memutar paksa angka di odometer untuk menurunkan jarak tempuh. Akhirnya informasi tertera pada odometer mengenai jarak tempuh tidak sesuai dengan kenyataan. Dengan membongkar instrumen cluster akan terdapat goresan atau tanda bekas pembongkaran.

Baca juga: Beli Mobil Bekas Layak Pakai, Bagaimana Cek nya ?

Kamu boleh meneruskan transaksi atau bisa mencari mobil lain yang memiliki kualitas lebih baik dari mobil yang odometernya sudah dioprek. Betul sekali kasus semacam ini jika mobil menggunakan odometer analog. Tapi masih ada oknum penjual ternyata bisa memanipulasi angka di instrumen digital. Odometer digital lebih sulit dimanipulasi karena terintegrasi dengan ECU & memerlukan software untuk mengubahnya.

Memeriksa buku servis mobil

Mobil dengan perawatan maksimal tentu memiliki performa bagus, jadi dengan memeriksa buku servis kamu bisa melihat seluruh riwayat mobil, mulai dari catatan kilometer, jenis kerusakan, pergantian suku cadang dan informasi lain. Jelas jika menemukan hal janggal kamu bisa menilai sendiri bagaimana kondisi mobil sebenarnya.

Fisik mobil

Kembali bagaimana perawatan itu penting, kondisi fisik mobil bisa terlihat langsung. Kamu bisa memperkirakan apakah mobil yang ditaksi tersebut sering digunakan atau tidak.

Baca juga: Beli Mobil Bekas Online ? Hati-hati

Kamu bisa melihat kondisi interior mobil maupun bagian eksterior, seperti kerapihan dashboard mobil, cat body, sarung jok depan belakang hingga kaki-kaki. Kamu bisa tahu mobil tersebut jarang dipakai karena kondisi mobil masih terlihat prima dan segar, apalagi setelah dicuci.

Ban mobil

Selanjutnya kamu periksa tapak ban mobil. Jika mobil masih menggunakan ban bawaan pabrikan & memiliki kembang atau groove ban yang bagus, jelas mobil jarang dipakai.

Baca juga: Cek Ban Mobil Bekas, Harga Murah Layak Pakai

Nah, apabila kondisi ban sudah botak tetapi angka odometer masih rendah, kamu layak mencurigai kondisi asli mobil tersebut.

Tahun Produksi

Langkah terakhir bisa kamu lakukan dengan melihat tahun pembuatan mobil. Cara perhitungan sederhana, kendaraan yang dipakai harian bisa menempuh jarak 15 ribu hingga 20 ribu kilometer per tahun. Nah kamu hitung & cocokan dengan angka odometer mobil tersebut. Apakah odometer jauh lebih rendah dari jarak perhitungan?

Jadi memang kalau mau beli mobil bekas kamu wajib teliti memeriksa setiap jengkal bagian mobil. Kamu merasa awam bawalah teman yang paham atau montir ahli.

Solusi lain jika kamu tidak ingin repot mengecek kondisi mobil bekas, kamu bisa percayakan pada seva lewat fitur Pilihan Expert. Mobil-mobil yang tersedia di Pilihan Expert dijamin berkualitas, anti banjir, odometer asli, pasti surat-suratnya aman, tidak ada penyok, mulus, tidak pernah tabrakan. Dapat dikatakan, kualitas mobil yang berlabel Pilihan Expert performanya mirip mobil baru.


Related Posts

Published by

montir

montir

Senang menulis hal terkait dengan dunia otomotif, termasuk mobil & motor. Sering sekali memperbaiki khususnya tulisan yang salah, kurang lengkap dan menambahkan aksesori pelengkap catatan.