Kendaraan Rusak Saat Kerusuhan, Tercover Asuransi ?

Suasana yang sangat mencekam seperti demo berakhir ricuh, kendaraan mobil ataupun motor menjadi "korban" kerusuhan.

mobil hangus dibakar massa

Kendaraan yang dibakar massa itu tentunya menimbulkan kerugian. Andai mobil tersebut tidak diasuransi tentunya sang pemilik akan merasakan kerugian cukup besar. Namun, sebenarnya polis asuransi standar saja tidak bisa menjamin kerusakan mobil akibat kerusuhan.

Dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia Bab III Pengecualian Pasal 3 ayat 3 disebutkan pertanggungan tidak menjamin kerusakan dan/atau biaya atas kendaraan bermotor yang salah satunya disebabkan oleh kerusuhan, pemogokan, penghalangan kerja, tawuran, huru-hara, pembangkitan rakyat, pengambil-alihan kekuasan, revolusi, pemberontakan, kekuatan militer, invasi, perang saudara, perang dan permusuhan, makar, terorisme, sabotase dan penjarahan.

Kerusakan mobil akibat kejadian tersebut bisa dicover asuransi kalau konsumen melakukan perluasan jaminan. Pemilik mobil bisa membeli tambahan perlindungan atas risiko kerusuhan, pemogokan, dan huru-hara (SRCC - Strike, Riot and Civil Commotion).

Perluasan jaminan SRCC itu berguna untuk mengurangi risiko buruk yang mungkin terjadi. Karena segala kerusakan yang menimpa mobil karena kerusuhan, pemogokan, dan huru-hara akan ditanggung oleh pihak asuransi.


Related Posts

Published by

montir

montir

Senang menulis hal terkait dengan dunia otomotif, termasuk mobil & motor. Sering sekali memperbaiki khususnya tulisan yang salah, kurang lengkap dan menambahkan aksesori pelengkap catatan.