Hindari 3 Makanan Ini Agar Terhindar Nyeri Perut Saat Datang Bulan!

Tidak ketentuan pasti seberapa parah kamu merasakan sakit selama periode menstruasi datang. Sementara beberapa wanita yang menjalani tahap siklus ini dengan hampir tidak ada gejala, hanya saja wanita lebih berjuang untuk bangun dari tempat tidur karena sakit badan, kram perut, sakit kepala dan merasa mual. Diet mungkin bisa jadi solusi untuk meringankan beberapa gejala periode paling menyakitkan. Percaya atau tidak, makanan yang kamu makan dapat membantu mengurangi kram menstruasi, membantu kamu merasa kurang bengkak dan kembung, dan membantu dengan perubahan suasana hati.

Apa itu Haid

Datang bulan, dikenal dengan sebutan menstruasi atau haid. Merupakan kondisi perdarahan uterus secara periodik dan siklus yang normal terjadi pada wanita yang telah dewasa. Proses ini berlangsung bisa sampai 6 hari, sedangkang siklus menstruasi sendiri akan datang 28 hari, dengan lama menstruasi adalah 4 hingga 6 hari. Jika lebih dari seminggu terjadi pendarahan sebaiknya langsung konsultasi dengan dokter.

Selama periode tersebut, tubuh mengalami ketidakseimbangan hormon dan kehilangan darah. Wanita membutuhkan makanan yang kaya nutrisi sehat seperti vitamin, protein air, dan serat. Namun, ada beberapa makanan yang harus dihindari agar periode tidak semakin buruk.

Berikut adalah makanan penyebab nyeri haid hari pertama yang harus dihindari selama periode:

Makanan yang diproses

makanan olahan Makanan yang mengandung banyak bahan kimia, seperti makanan kaleng, daging olahan, dan susu, hanya akan memperburuk kembung dan menyebabkan tubuh menahan lebih banyak air di dalam tubuh. Makanan-makanan ini mengandung banyak garam, yang tidak sehat untuk dikonsumsi, apalagi selama periode menstruasi.

Permen dan makanan ringan

Kebanyakan wanita berpikir makanan manis dapat menjadi pereda nyeri haid dikarenakan membuat suasana hati lebih baik. Misalnya cokelat yang bisa meningkatkan hormon endorfin dan serotonin (hormone pengatur suasana hati), walaupun kenyataannya makanan manis dan makanan ringan (cemilan) tidak baik. Cemilan tidak memiliki nutrisi yang sehat dan dapat memicu gas berlebih yang mengakibatkan kembung.

Makanan Pedas

seblak mercon pedas Bagi wanita yang biasanya mengalami menstruasi dengan nyeri yang parah, sebaiknya harus menghindari makanan pedas selama periode dan untuk mereka yang mengalami kelelahan yang kuat, pendarahan hebat, dan kram selama periode. Makanan pedas dapat menyebabkan lebih banyak gas dan kembung. Namun, bila memang tidak bisa lepas dari makanan pedas, salah satu alternatif terbaik adalah rempah-rempah organik alami seperti cabai segar ditemukan mengandung zat anti-inflamasi. Tubuh akan mendapat manfaat dari makanan-makanan ini, selama tidak mengganggu perut.

Bumbu seperti adas, ketumbar, kapulaga, dan kunyit dikenal untuk membantu pencernaan dan membantu meringankan gejala umum PMS.


Related Posts

Published by

kuat

kuat

Untuk menjadi pribadi yang kuat & sehat diperlukan kemauan. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman pribadi & sebagian berdasarkan sumber terbaru & bisa dipercaya.

Tulisan disini tidak memperjual belikan obat atau jasa pengobatan.