Cemas Berlebih Jadi Depresi, Cara Menguranginya

Bingung, cemas dan depresi adalah contoh kasus yang berlainan. Bingung adalah hal umum terjadi ketika menentukan pilihan atau tindakan, sedangkan cemas merupakan suatu pola perasaan yang ditandai dengan emosi tidak menyenangkan akibat bingung.

depresi

Nah depresi adalah akumulasi dari kondisi cemas atau bentuk kronis dari bingung, sehingga orang depresi akan cenderung merasa sedih berkelanjutan bahkan akhirnya putus asa. Umum terjadi seseorang yang mengalamai depresi akan selalu tampak cemas banget, seringkali gelisah, mereka biasanya gampang ngambek, tidur tak nyenyak bahkan sulit dan efek dari depresi lain adalah susah konsentrasi.

Semua jenis perasaan negatif dari cemas yang berakibat depresi berkepanjangan akan sangat mengurangi semangat karena energi kita terkuras dengan pikiran macam-macam. Dampak paling serius dari depresi adalah kamu tidak lagi memiliki semangat hidup atau ingin segera mengakhirinya.

Akan sangat sulit menghilangkan rasa cemas, banyak sekali faktor yang menyebabkan itu. Jangan diabaikan berlarut-larut, kamu harus tetap semangat & wajib berusaha untuk bisa mengatasi rasa tersebut, carilah kegiatan yang membuat kamu memikirkan hal negatif.

Tips menghilangkan rasa galau berlebihan

Kamu Wajib Bersosialisasi

Memang kebanyakan orang depresi biasanya sangat jauh dari interaksi publik, ingin menyendiri & tak mau bergaul. Perlu kamu tahu, bersosialisasi merupakan cara ampuh untuk meringankan depresi, kamu gak bisa sendiri butuh support orang-orang terdekat kamu. Jadi, ketika kamu rasa bahwa kamu cemas atau depresi, segera cari teman atau orang terdekat. Saat itu juga usahakan untuk utarakan masalah kecemasan yang kamu alami sambil terus tidak menjauh dari mereka. Susah ? sudah pasti, namun wajib kamu lakukan supaya tidak timbul keadaan yang lebih rumit.

Hobi apa ? Lakukan

Jalan selanjutnya adalah melakukan apa yang kamu suka, ini langkah tepat untuk menetralisir rasa cemas. Liburan, nonton film, hangout, mancing apapun. Hindari melakukan hal yang kamu gak suka.

Bosan, Jangan Monoton

Kegiatan rutinitas yang membebani akan memicu depresi. Sangat dianjurkan untuk menyelingi dengan kegiatan baru, misalnya ketika berangkat kerja kamu boleh cari jalan baru, suasana berbeda. Atau berangkat lebih pagi, untuk datang kesuatu tempat sebelum bekerja.

Berjemur sebentar

Bukan sengaja berpanas-panasan diterik matahari, cukup luangkan beberapa menit untuk keluar ruangan agar terkena sinar. Selain menghirup udara segar, rasa hangat dari cahaya matahari membuat badan lebih kuat.

Olahraga

Olahraga ringan atau berat akan membantu tubuh lebih segar, terkadang satu paket dengan hobi & kamu bisa bersosialisasi sesama penikmati olahraga.

Konsumsi makanan sehat

Ini wajib, asupan makanan dengan gizi & nutrisi yang cukup tentu membawa manfaat pada tubuh dan otak. Ingat, jangan berlebihan.

Istirahat cukup

Karena tidur tak nyenyak bahkan sukar tidur adalah tanda depresi. Mulai atur pola istirahat, hindari kegiatan yang menyita waktu & tenaga.

Jangan Pesimif

Pikiran negatif seperti pesimis wajib kamu hindari, tetaplah optimis & selalu berpikir positif akan mencegah dari depresi berkepanjangan.

8 Hal diatas merupakan cara umum untuk mengurangi kegalauan, tapi jika perasaan cemas tersebut tidak kunjung hilang bahkan terus memburuk, segera konsultasi ke dokter atau psikolog. Jangan pernah malu supaya mereka bisa mendiagnosis secara cepat dan memberikan bantuan secepat mungin biar kamu sembuh.

gambar dari coach.nine.com.au


Related Posts

Published by

kuat

kuat

Untuk menjadi pribadi yang kuat & sehat diperlukan kemauan. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman pribadi & sebagian berdasarkan sumber terbaru & bisa dipercaya.

Tulisan disini tidak memperjual belikan obat atau jasa pengobatan.