Amankah Paracetamol Untuk Ibu Hamil, Alternatifnya?

Paracetamol - Ibu hamil dan menyusui adalah massa sensitif, memang tidak harus over protektif. Makanan atau minuman saja sangat diperhatikan, apalagi konsumsi obat. Kenapa harus begitu? Karena setiap titik bahan yang masuk kedalam tubuh bumil tidak hanya berdampak pada pribadi melainkan akan berpengaruh pada proses tumbuh kembang sang buah hati. ibu hamil Paracetamol memang dikenal obat ampuh untuk atasi demam, penahan nyeri hingga pusing. Tergolong memiliki efek lebih aman ketimbang obat sejenis.

Kasus & Dampak Paracetamol

Ada sebuah penelitian dimana melibatkan para ibu hamil yang dibagi dalam beberapa kelompok, yaitu sering konsumsi paracetamol, kadang minum paracetamol dan tidak menyentuh sama sekali. Hasilnya cukup beragam, tapi ada sebuah kecenderungan dimana ibu hamil yang mengaku minum paracetamol memiliki anak balita hiperaktif.

Kasus lainnya yang tidak boleh dianggap remeh adalah, banyak anak autisme, punya gangguan motorik, kognitif, kemampuan komunikasi berkurang, serta muncul gangguan perilaku.

Jadi jelas konsumsi paracetamol dalam rentang waktu tertentu sangat tidak dianjurkan, khawatirnya obat ini memang menyentuh langsung sarap-sarap dalam tubuh. Perlu sekali pengawasan dari dokter supaya keamanan juga keselamatan ibu & anak tetap terjaga. Jangan pernah sungkan untuk tanya dokter, konsultasikan semua hal yang menyangkut kesehatan.

Alternatif Selain Paracetamol

Kalau begitu jalan keluarnya bagaimana? Ibu hamil harus memilih alternatif lain, misalnya untuk meredam rasa sakit atau terkena demam bumil wajib istirahat dengan benar, bisa coba kompres hangat atau dingin, tetap konsumsi makanan sehat dan minum air putih lebih banyak atau biar tambah sehat boleh teguk infused water.


Related Posts

Published by

kuat

kuat

Untuk menjadi pribadi yang kuat & sehat diperlukan kemauan. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman pribadi & sebagian berdasarkan sumber terbaru & bisa dipercaya.

Tulisan disini tidak memperjual belikan obat atau jasa pengobatan.