5 Tanaman Herbal Untuk Atasi Sakit Maag

Sebagian orang mengidap penyakit maag merasakan sakit perut & sulit beraktivitas. Salah satu solusinya ialah dengan melakukan puasa secara benar akan membuat lambung & pencernaan menjadi sehat.

Tapi jangan khawatir jika kamu belum bisa merasakan "keajaiban" puasa, kamu gak sendirian. Biasanya sakit maagnya datang saat kita berbuka. Perasaan mual, perut mulas, kembung, sampai perut yang berasa bega bisa kamu rasakan semua.

Seringkali obat kimia (termasuk obat warung & resep dokter) jadi pereda saat maag kambuh. Tapi sebaiknya kamu coba gunakan obat-obatan dari tanaman herbal atau obat alami.

Berikut tanaman herbal yang bisa bantu nyembuhin maag kamu:

Kunyit

Kunyit adalah salah satu bumbu yang sering banget kita pakai buat keperluan dapur. Sifat-sifat kunyit yang menyembuhkan luka udah terkenal banget sejak dulu. Khasiat kunyit salah satunya menyembuhkan luka lambung. kunyit bubuk Kamu bisa parut kunyit dan peras sarinya. Minum 2 sendok makan air perasan kunyi sebelum makan untuk bantu jaga lambung saat berbuka puasa.

Pisang

Pisang punya sifat antasida, atau sifat meredam produksi zat asam yang berlebihan. Makanya, pisang bagus banget untuk menyembuhkan sakit maag kamu. Selain untuk sakit maag, pisang juga mengandung kalium yang bermanfaat buat tulang kamu.

pisang

Konsumsi pisang sebelum makan makanan berat saat berbuka puasa. Pilih pisang yang gak terlalu matang, kemudian blender. Jus pisang siap, sakit maag pun lenyap!

Kacang Hijau

Kacang hijau bermanfaat untuk pengobatan sakit maag karena mampu bantu menebalkan lapisan lambung. Selain itu, kacang hijau bisa netralin kadar asam lambung kamu yang berlebih.

kacang hijau

Cara konsumsinya cukup gampang kok, kamu bisa buat kacang hijau jadi bubur. Usahakan gak terlalu lama memasaknya. Makan bubur kacang hijau tanpa dibarengin sama santan. Santan itu malah bisa bikin asam lambung kamu naik.

Cincau

Daun cincau udah terbukti banget sebagai salah satu obat herbal yang dapat menetralisir asam lambung. Cincau juga punya banyak kandungan kalsium, fosfor, dan vitamin (A, B1, dan C). Kalorinya pun rendah.

cincau hijau

Kandungan mineral juga seratnya yang tinggi merupakan alasan tama mengapa cincau ini bagus banget buat kesehatan.

Kamu bisa beli cincau yang sudah jadi atau tumbuk 10 lembar daun cincau hijau dengan gula merah. Lalu tambahkan 1,5 gelas air matang dan mendiamkan campuran itu sampai berbentuk mirip jeli. Konsumsi cincau tanpa pemanis lainnya.

Lidah Buaya

Lidah buaya yang punya nama latin Aloe vera ini adalah tumbuhan yang sudah dikenal dari dulu dan terkenal banget khasiatnya untuk penyubur rambut, penyembuh luka dan untuk perawatan kulit.

jus lidah buaya

Minum jus lidah buaya sebelum makan berat, bisa bantu turunin asam lambung kamu. Lidah buaya ini mampu meredam inflamasi di lambung. Selain dapat mengobati maag, jus lidah buaya juga dapat melancarakan buang air besar.

Itulah beberapa herbal alami yang bisa bantu nyembuhin maag kamu. Daripada bahan kimia, bahan herbal lebih bagus loh untuk tubuh.


Related Posts

Published by

kuat

kuat

Untuk menjadi pribadi yang kuat & sehat diperlukan kemauan. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman pribadi & sebagian berdasarkan sumber terbaru & bisa dipercaya.

Tulisan disini tidak memperjual belikan obat atau jasa pengobatan.