Obat Herbal Asam Lambung

Obat asam lambung bisa kamu peroleh diapotek dengan mudah, namun apakah kamu ingin terus begitu ?

Asam lambung tinggi merupakan salah satu gangguan pencernaan. Jika ada gejala seperti itu artinya ada masalah pencernaan lain. Ini adalah salah satu alasan orang mengalami sakit perut dan mungkin akibat dari minum obat saat perut kosong, konsumsi alkohol berlebihan, merokok atau makan terlalu banyak, terutama konsumsi makanan pedas. Juga makanan berlemak serta makan terburu-buru atau terlalu cepat dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Kondisi lain dimana terdapat kelainan pada saluran pencernaan seperti maag, infeksi lambung dan penyakit tiroid juga merupakan faktor penyebab.

Banyak orang akan mengalami gangguan pencernaan di beberapa titik dan banyak gejala termasuk perut penuh, terasa berat setelah makan, sakit perut atau sensasi terbakar di perut bagian atas, bersendawa, mual, muntah, rasa asam dan sensasi perut kembung.

Tentu kita tidak harus sering mengalami gangguan pencernaan. Ketidaknyamanan perut bisa kamu hindari yaitu kurangi makanan yang pedas, berhenti merokok, kurangi stres, konsumsi antasida yang dijual bebas untuk menenangkan perut, konsultasi dengan dokter tentang gejala yang cukup mengkhawatirkan.

Namun berikut obat herbal asam lambung berikut dapat membantu meringankan gangguan pencernaan – mari kita uraikan satu persatu:

Buah tin, Asam Lambung

buah tin untuk obat asam lambung

Buah tin - rebus sekitar 14 buah kering dalam 100 cc air hingga tersisa 50 cc. Untuk hasil maksimal minum satu cangkir teh rebusan buah tin cukup 3 x sehari.

Air Jahe, Atasi Pencernaan

jahe untuk asam lambung

Air jahe, ramuan ini adalah obat alami lain untuk gangguan pencernaan karena dapat mencegah & mengurangi rasa sakit saat asam lambung meningkat. Minum secangkir teh jahe sesuai kebutuhan untuk menenangkan perut dan menghilangkan gangguan pencernaan. Cara membuatnya sangat mudah rebus satu atau dua potong akar jahe dalam empat gelas air selama 15 menit. Bisa kamu tambahkan perasan lemon atau madu sebelum diminum.

Air Kelapa

air kelapa untuk asam lambung

Air kelapa adalah salah satu elektolit terbaik, mengandung banyak kalium dimana fungsinya untuk menjaga keseimbangan PH dalam tubuh, selain itu bisa mengontrol kadar asam lambung dan mengurangi risiko refluks lambung.

Kayu Manis, Mual Hilang

Kayu manis bisa selalu kamu tambahkan dalam bentuk apa pun – batangan, bubuk, teh ke dalam makanan. Kayu manis bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan. Bumbu yang luar biasa ini menjadi tambahan yang bagus untuk oatmeal, tonik panas, dan bahkan sup atau semur.

Lidah Buaya

Lidah buaya cukup efektif untuk meredakan asam lambung. Konsumsi langsung potongan gel lidah buaya atau kamu juga bisa buat jus.

Manfaat lain bisa kamu dapatkan dari lidah buaya adalah mengontrol gula darah.

Biji adas

Bumbu satu ini merupakan antispasmodik, juga dapat menyembuhkan gangguan pencernaan setelah makan, serta menenangkan masalah pencernaan lainnya seperti kram perut, mual, dan kembung.

Masukkan 1/2 sendok teh biji adas yang dihancurkan ke dalam air dan biarkan mendidih selama 10 menit dan biarkan dingin. Minum teh adas setiap kali kamu mengalami gangguan pencernaan. Jika malas merebus kamu dapat mengunyah beberapa biji adas setelah makan.

Soda kue

Garam ini dapat dengan cepat menetralkan asam lambung dan meredakan gangguan pencernaan setelah makan. Untuk membuat obat ini, cukup tambahkan satu sendok teh baking soda kedalam sekitar 15cc air hangat dan minum. Kamu juga dapat menambahkan beberapa tetes perasan lemon ke dalam campuran ini.

Soda kue umumnya aman dan tidak beracun. Tetapi meminumnya dalam jumlah besar dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan seperti sembelit, lekas marah, muntah, dan kejang otot. Jika minum larutan yang mengandung soda kue untuk gangguan pencernaan, jangan ulangi setidaknya selama dua jam. Dikatakan bahwa orang dewasa tidak boleh lebih dari tujuh sendok teh dalam periode 24 jam dan tidak lebih dari tiga sendok teh jika sampai usia 60 tahun.

Temulawak

Kandungan selulosa temulawak bisa meredakan asam lambung dengan cepat.

Herbal ini juga memiliki kandungan minyak asiri, kurkumin, flavonoid dan mineral bermanfaat.

Teh mint

Daun mint memiliki efek antispasmodik pada tubuh, menjadikannya pilihan tepat untuk meredakan gangguan pencernaan. Minumlah secangkir teh ini setelah makan untuk menenangkan perut dengan cepat. Cukup kunyah dan hisap 1 atau 2 lembar daun mint setelah makan untuk meringankan gangguan pencernaan.

Air perasan lemon

Efek alkali dari air lemon juga menetralkan asam lambung dan meredakan gangguan pencernaan. Campurkan satu sendok makan jus lemon dalam air panas atau hangat dan minum beberapa menit sebelum makan. Kamu dapat menambahkan sedikit madu, jika diinginkan.

Teh chamomile

Ramuan ini meredakan gangguan pencernaan dengan mengurangi asam lambung di saluran pencernaan. Chamomile juga bertindak sebagai anti-inflamasi untuk menghentikan rasa sakit.

Untuk menyiapkan teh chamomile, masukkan 1 atau 2 teh celup ke dalam air matang selama 5-10 menit. Tambahkan madu, jika mau. Minumlah teh sesuai kebutuhan atau minum setelah makan malam.

Harap dicatat bahwa chamomile mengandung bahan yang bertindak sebagai antikoagulan, sehingga ada risiko pendarahan jika dikombinasikan dengan pengencer darah.

Cuka sari apel

Untuk menghilangkan gangguan pencernaan dengan cepat, tambahkan satu hingga dua sendok teh cuka sari apel mentah yang tidak dipasteurisasi ditambah 1 sendok teh madu untuk secangkir air hangat. Kamu dapat menghentikan gangguan pencernaan bahkan sebelum itu terjadi dengan meminum campuran tersebut 30 menit sebelum makan. Meskipun cuka sari apel aman, meminumnya secara berlebihan atau murni dapat menyebabkan efek samping seperti erosi gigi, mual, tenggorokan terbakar, dan gula darah rendah.

Jika tidak ada kondisi yang mendasarinya, maka satu atau dua dari pengobatan yang tercantum di atas, harus segera menghilangkan perasaan dispepsia yang selalu terjadi.