Manfaat Melakukan Imunisasi Sejak Bayi

Menjadi seorang ibu, memberikan ASI merupakan hal menjadi keinginan bahkan kebahagiaan diri sendiri. Untuk memperlancarkan ASI juga butuh beberapa cara, kamu bisa simak dalam cerita menyusui bayi.

imunisasi bayi

Sebagai orang tua tentu akan melakukan berbagai banyak hal untuk kesehatan ataupun masa depan anak kelak seperti melakukan imunisasi Bayi berikut manfaat dari imunisasi

Di Indonesia, ada beberapa vaksin yang wajib diberikan pada bayi, yaitu vaksin hepatitis B, BCG, polio, DTP, dan campak. Nah, manfaat vaksin ini tentunya terkait dengan macam vaksin yang diberikan.

Vaksin Polio

Vaksin polio oral (OPV-0) biasanya diberikan saat bayi baru lahir dan saat bayi berusia dua, empat, serta enam bulan dan bisa diberikan lagi saat anak berusia satu setengah tahun dan terakhir di usia lima tahun. Vaksin polio bisa diberikan dalam bentuk OPV melalui mulut atau IPV yang diberikan dengan cara disuntikkan dalam otot. Efek samping dari vaksin ini yang biasanya terjadi adalah demam dan kehilangan nafsu makan.

Vaksin Campak

Biasanya vaksin campak diberikan sebanyak tiga kali, yaitu usia sembilan bulan, dua tahun, dan enam tahun.

Vaksin DTP

Vaksin DTP adalah jenis vaksin gabungan dengan kegunaan untuk mencegah penyakit difteri, tetanus, dan pertusis atau batuk rejan. Vaksin DTP diberikan dengan ketentuan sebanyak lima kali, yaitu pada usia dua bulan, empat bulan, enam bulan, satu setengah tahun, dan lima tahun. Efek samping yang sering muncul adalah demam, rasa nyeri, dan mual.

Vaksin Hepatitis B

Waktu yang paling baik untuk memberikan vaksin ini, yaitu setelah bayi lahir dengan terlebih dahulu memberi vitamin K, gunanya untuk mencegah terjadinya pendarahan akibat defisiensi vitamin K. Pemberian vaksin hepatitis B bisa kembali dilakukan saat si bayi berusia satu bulan dan dikisaran usia 3–6 bulan. Biasanya efek samping yang akan dirasakan oleh bayi adalah demam dan rasa lelah.

Vaksin BCG

Gunanya vaksin BCG untuk bayi adalah mencegah terserang penyakit tuberkulosis atau yang dikenal dengan nama TBC. Pemberian vaksin BCG hanya satu kali, ketika anak baru dilahirkan sampai ia berusia dua bulan. Efek samping yang dapat ditimbulkan dari vaksin ini adalah timbulnya benjolan bekas suntik di kulit.

Selain memberikan ASI secara eksklusif pada bayi, kamu bisa memperlancar ASI dengan tips menyusui bayi. Selain memberikan ASI secara langsung, agar daya tahan tubuh bayi menjadi kuat dan tidak mudah sakit kamu bisa dengan melakukan imunisasi Bayi banyak manfaat yang kamu bisa dapatkan. Biasanya setelah melakukan imunisasi, bayi akan menjadi rewel. Untuk itu dalam membuat si kecil menjadi nyaman dalam beraktivitas kamu bisa menggunakan popok bayi no 1 di Indonesia yaitu popok Merries.


Related Posts

Published by

kuat

kuat

Untuk menjadi pribadi yang kuat & sehat diperlukan kemauan. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman pribadi & sebagian berdasarkan sumber terbaru & bisa dipercaya.

Tulisan artikel di sini tidak memperjual belikan obat atau jasa pengobatan.