Bingung

Kalau sedang bingung cari tahu disini

Hidup Sehat, Jagalah Lingkungan Tetap Bersih

- dalam Rumah oleh

Hidup sehat bisa dimulai dari diri sendiri, salah satunya senantiasa menjaga lingkungan tetap bersih. Banyak sudah contoh makalah di Internet dimana menjelaskan secara gamblang mengenai pengertian serta arti penting menjaga suasana sehat. Kita tahu betul bahwa kenyamaan tempat tinggal bisa diperoleh dengan memelihara higienitas, jadi sangatlah perlu bagi kita untuk mempertahankannya tetap bersih. Sayangnya hingga sekarang senses rakyat Indonesia untuk memperhatikan lingkungan sekitar boleh dibilang kian memudar.

Pengertian Lingkungan Sehat

Pengertian lingkungan sehat adalah kawasan yang mendukung terciptanya setiap individu serta masyarakat sehat. Secara otomatis lingkungan tersebut akan terhindar dari hal – hal penyebab gangguan kesehatan seperti limbah cair, padat dan gas. Juga terhindar dari hewan pembawa bibit penyakit, zat kimia berbahaya, polusi suara berlebihan serta hal negatif lainnya.

Jika ingin memperoleh atau mau menerapkan lingkungan sehat, ada beberapa aspek sederhana & patut dipenuhi dan selalu diperhatikan antara lain :

  • Keberadaan air bersih
  • Makanan & minuman higienis
  • Pengelolaan air buangan
  • Pembuangan sampah padat
  • Bisa mengendalikan hewan pengganggu / pembawa penyakit
  • Hindarkan pencemaran tanah oleh kotoran manusia
  • Ketersediaan fasilitas layak mandi cuci kakus (MCK)
  • Menghindari pencemaran udara
  • Mengatasi lingkungan dari kebisingan

lingkungan bersih, hidup sehat

Bisa dilihat bagaimana sebagaian besar masyarakat masih sering membuang sampah secara sembarangan, anak-anak saya yakin mereka hanya meniru perbuatan orang tua mereka seolah memperbolehkan mencemari lingkungan seenaknya. Lebih menyedihkan ialah mereka semua tidak merasa sedikitpun bahwa perlakuan mereka itu salah karena merugikan banyak orang dan dapat membuat lingkungan menjadi rusak. Kita semua paham sepenuhnya bahwa banjir yang biasa terjadi melanda Jakarta & daerah lain memang disebabkan oleh praktek membuang sampah ke sungai, bagaimana mau melestarikan lingkungan jika mengenal artinya saja tidak tahu.

Jikalau problematika ini kita biarkan berlarut-larut, bukan tidak mungkin akumulasi permasalahan semakin menumpuk maka bencana jauh lebih dahsyat akan menimpa kita cepat atau lambat. Melalui artikel ini saya mengajak supaya kita mengenal arti serta manfaat lingkungan bersih.

Lingkungan bersih tidak lain & tidak bukan adalah kondisi bersih dari sebuah zona dimana menyebabkan lingkungan tersebut jauh dari berbagai penyakit berbahaya juga pasti nyaman untuk dijadikan tempat bermukim. Oleh sebab itu jika ingin lingkungan di sekitar tempat tinggal kita tidak bernoda maka sudah semestinya kita semua bahu-membahu untuk "make it happen".

Karya Nyata Menjaga Lingkungan

Banyak sekali upaya bermanfaat untuk mendapatkan lingkungan sehat, salah satunya adalah turut serta menjalankan rutinitas seperti kerja bakti tingkat rukun warga (RW).

Contoh sederhana baksos membersihkan selokan, tujuannya supaya saluran air tidak tersumbat. Kalau itu dilaksanakan secara baik maka lingkungan di sekitar tempat tinggal kita bisa terhindar dari banjir. Seperti diutarakan sebelumnya bahwa banjir bisa memunculkan kerugian materi serta datangnya berbagai penyakit.

Hal kecil namun berdampak besar ialah selalu menyediakan tempat sampah baik disekitar rumah atau lokasi khusus supaya kebersihan tetap terjaga & lingkungan sekitar menjadi lebih tertata rapih.

Manfaat Lingkungan Hidup Sehat

Tidak akan lama untuk bisa merasakan manfaat lingkungan sehat jika kita selalu membuat serta menjaganya dengan baik, efek paling cepat kita rasakan adalah udara lebih sejuk, mengurangi efek global warming, polusi udara berkurang, menjauhkan diri dari kuman penyakit (diakibatkan oleh habitat jorok) serta tidak higienis dan tidak kalah penting memiliki sumber air sehat bersih dan aman untuk dikonsumsi.

Silakan lakukan survey kecil terhadap orang-orang, tanyakan kepada mereka "lebih prefer tinggal di lingkungan bersih dan sehat tinggal atau bermukim di lingkungan kotor dan kumuh?" Saya yakin mereka akan jauh lebih bahagia & memilih tinggal dalam lingkungan sehat.

Setelah mempertimbangkan banyak keuntungan positif dari memelihara kebersihan lingkungan segera mulai dari detik ini kita semua menanamkan "awareness" serta lebih peduli dalam menjaga kebersihan lingkungan supaya kita semua hidup sehat.

Comments