Jadilah Pasien Cerdas Saat Konsultasi Dengan Dokter

Sobat sehat yang membutuhkan informasi medis secara lengkap akurat dan bisa tanya langsung pada dokter ahli. Pesatnya kemajuan teknologi membuat kita semua sangat mudah untuk mendapatkan informasi kesehatan.

pasien cerdas

Masih ingat mengenai aplikasi Halodoc yang sangat bisa kita andalkan ? Aplikasi tersebut sebenarnya dapat sobat sehat manfaatkan sebagai modal awal saat berkonsultasi dengan dokter. Bukan hanya itu, kita secara tidak langsung menjadi pasien yang cerdas bagi dokter , karena dengan menjelaskan kondisi secara detil maka dokter akan bisa memberi diagnosa akurat serta pengobatan tepat tepat bagi sobat semua. Secara otomatis, jika sudah mulai begitu perlahan wawasan sobat mengenai kesehatan pun dapat bertambah.

Nah, bagi kamu sobat sehat yang belum menyadari pentingnya menjadi pasien cerdas, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan :

Catat semua hal ketika konsultasi

  • Apasih gejala-gejala yang timbul dari penyakit tersebut
  • Langkah pencegahan,
  • Pengobatan apa perlu dilakukan,
  • Apa saja efek samping dari obat saran dokter tersebut,
  • Hal penunjang supaya pengobatan memberi hasil terbaik.

Ceritakan mengenai pola hidup

Tidak usah ragu untuk menjelakan pola hidup kamu barang kali ada pengaruhnya pada penyakit yang dikonsultasikan ke dokter. Misal: apakah sobat sering merokok, konsumsi minuman beralkhohol, kebiasaan olah raga atau jelaskan kebiasaan waktu istirahat.

Kondisi fisik & Emosi

2 hal yang tidak dapat dipisahkan kondisi emosi dan kondisi fisik. Jelaskan secara singkat, bagaimana kondisi emosi sobat sehat, misal sedang mengalami stres akibat suatu hal.

Riwayat kesehatan keluarga.

Penyakit turunan, bawaan atau genetik, dengan bekal informasi tersebut dokter dapat mengambil tindakan yang lebih tepat mengenai kondisi sobat sehat.

Pelajari resep obat dari dokter

Bukan sok jadi apoteker, tapi setelah kita menerima obat sewajarnya kamu coba tahu tahu apa kandungan, manfaat obat tersebut serta efek sampingnya. Dengan bekal informasi yang cukup tentu dapat menambah wawasan sobat sehat semua.

Kamu sangat boleh mencari opini kedua dari dokter lain. Mencari pendapat kedua adalah hak bagi pasien sebagai penerima jasa layanan kesehatan. Apabila sobat sehat merasa dokter melakukan over diagnosis, over treatment kita dapat melakukan "second opinion" ke dokter lain yang memiliki kompetensi di bidangnya. Dengan melakukan opini kedua sobat sehat dapat meminimalkan potensi komplikasi jika obat yang disarankan dokter tersebut tidak cocok.


Related Posts

Published by

kuat

kuat

Untuk menjadi pribadi yang kuat & sehat diperlukan kemauan. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman pribadi & sebagian berdasarkan sumber terbaru & bisa dipercaya.

Tulisan artikel di sini tidak memperjual belikan obat atau jasa pengobatan.