Solusi Alami Mengatasi Penyakit Darah Tinggi

Mengatasi hipertensi atau penyakit darah tinggi secara alami menjadi pilihan pengobatan alternatif paling populer saat ini. Meski pengobatan hipertensi secara medis sudah lengkap, namun banyak orang yakin jika pengobatan alami bisa mengatasi darah tinggi dari sumber penyakitnya langsung. Sementara obat-obatan kimia hanya bersifat sementara, yaitu meredakan gejala namun tidak dengan sumber penyakitnya.

tekanan darah

Jika kamu tertarik mencoba pengobatan alami mengatasi darah tinggi yang bagus, berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah:

Mengurangi garam dan gula

Mencegah penyakit darah tinggi akan berjalan maksimal jika mengontrol asupan gula serta garam. Sebenarnya gula dan garam diperlukan tubuh. Gula sebagai sumber karbohidrat sederhana yang diubah menjadi kalori untuk beraktivitas.

Garam mengandung natrium yang menjaga keseimbangan cairan tubuh. Apa jadinya jika konsumsi keduanya berlebihan? Kelebihan garam meningkatkan risiko penyakit darah tinggi atau hipertensi. Kelebihan gula tidak hanya meningkatkan risiko hipertensi namun menjalar ke penyakit lain seperti diabetes, obesitas, stroke dan masih banyak lagi.

Kunci dari kontrol asupan gula dan garam ini adalah pada pola makan seimbang. Keduanya bukannya tidak boleh dikonsumsi sama sekali, melainkan dibatasi. Menurut Dinas Kesehatan, remaja dan dewasa boleh mengkonsumsi maksimal 5-9 sendok teh gula dalam sehari. Sedangkan garam dibatasi 1 sendok teh sehari. Dengan konsumsi gula dan garam seimbang, lebih mudah mengatasi hipertensi dengan lebih dulu menghindari penyebab darah tinggi.

Kontrol Konsumsi Daging Merah

Penderita penyakit darah tinggi harus membatasi daging merah, bukannya tidak boleh dikonsumsi sama sekali oleh penderita penyakit darah tinggi. Mengingat ada beberapa kandungan nutrisi daging merah yang memang diperlukan tubuh. Hanya saja tidak dibenarkan jika penderita hipertensi mengkonsumsi daging merah dalam jumlah banyak. Harus ada takaran khusus untuk konsumsi daging merah bagi penderita hipertensi. Selain itu hindari lemak dalam daging karena itu sangat berbahaya untuk hipertensi.

Sangat disarankan untuk mengganti daging dengan lebih banyak mengkonsumsi sayuran dan buah. Jenis buah apa saja yang aman untuk dikonsumsi penderita hipertensi?

Sayuran & Buah

Pisang mengandung kalium cukup tinggi yang efektif digunakan sebagai cara mengobati darah tinggi. Kalium akan menetralkan kandungan natrium terlalu tinggi di dalam tubuh. Sementara sayuran hijau seperti bayam, sawi hingga kentang juga mengandung kalium tinggi yang dapat mengurangi gejala darah tinggi.

Olahraga

Olahraga secara rutin jauh lebih baik dibandingkan berdiam diri.

Tua muda wajib olahraga, kesalahan besar yang banyak terjadi di masyarakat adalah saat menganggap darah tinggi hanya terjadi pada mereka yang berusia lebih dari 30 tahun. Pandangan ini sangat keliru karena sesungguhnya tanda tanda darah tinggi dimulai sejak usia 20-30 tahun. Terutama dengan gaya hidup anak muda yang jauh dari kata sehat, risiko hipertensi meningkat 35%. Bahkan dari hari kehari, jumlah penderita hipertensi pada anak muda terus bertambah.

Meningkatnya risiko hipertensi pada anak muda, tidak lain karena pola hidup tidak sehat yang dijalani. Salah satunya adalah kurang olahraga, kurang tidur, minuman beralkohol, merokok hingga lebih banyak mengkonsumsi makanan kemasan. Olahraga sangat penting dilakukan secara rutin setiap hari. Selain menjaga tubuh dari obesitas, olahraga juga menjamin peredaran darah lebih lancar.

Risiko hipertensi pada anak muda hingga orang tua menjadi dapat diminimalkan. Konsumsi produk alami yang menguntungkan penderita hipertensi selain menjalankan pola hidup sehat dan menghindari makanan yang berisiko meningkatkan hipertensi, kamu juga dapat mengatasi darah tinggi ini dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar rumah.

Meski pemeriksaan medis secara rutin juga disarankan, namun mendampinginya dengan obat herbal darah tinggi juga sangat dianjurkan. Terjadinya keseimbangan pengobatan, akan membuat tekanan darah tinggi lebih terkendali.

Beberapa bahan-bahan alami di sekitar yang dapat kamu manfaatkan untuk mengurangi gejala darah tinggi adalah coklat. Kandungan flavanol di dalam coklat dalam melebarkan pembuluh darah dan mengurangi resiko darah tinggi. Selain coklat, kamu juga dapat menambahkan bubuk kayu manis pada setiap makanan yang dikonsumsi setiap hari. Kayu manis telah terbukti secara klinis mampu meredakan munculnya gejala penyakit darah tinggi lebih efektif.


Related Posts

Published by

kuat

kuat

Untuk menjadi pribadi yang kuat & sehat diperlukan kemauan. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman pribadi & sebagian berdasarkan sumber terbaru & bisa dipercaya.

Tulisan artikel di sini tidak memperjual belikan obat atau jasa pengobatan.