Ciri-Ciri Tanaman Sawi, Manfaatnya Banyak

Kamu suka sawi ? banyak lho manfaatnya tanaman ini! Sekarang kita akan berikan sedikit informasi mengenai ciri ciri tanaman tersebut & khasiatnya bagi tubuh kita jika dikonsumsi

Manfaat Sawi

Tanaman sawi memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang terbilang efektif dalam proses penyembukan karena bisa memerangi infeksi virus seperti pilek dan flu. Tanaman sawi pun punya kandungan vitamin C sehingga mampu membantu meredakan peradangan karena sinus dan mengurangi risiko terserang penyakit asma (kode diagnosa J45.9 & J 45).

tanaman sawi

Ciri ciri Tanaman Sawi

Dilihat secara umum sawi merupakan salah satu tanaman yang sering dikonsumsi bagian daun dan bunganya sebagai bahan lalapan atau sayur bening. Tanaman sawi sendiri tergolong dalam suku Brassica.

Karakter tanaman sawi memiliki daun berwarna hijau dan berbentuk bulat dan lonjong. Daun memiliki tulang-tulang yang menyirip dan bercabang. Sedangkan Biji sawi berbentuk bulat dengan permukaan licin dan mengkilap, berukuran kecil, keras, dan berwarna coklat kehitaman.

Akar Tanaman Sawi

Ciri ciri sawi yang pertama dapat anda perhatikan dari akarnya, jika dilihat secara teliti kita dapat melihat bahwa tanaman sawi memiliki akar tunggang yang berfungsi sebagai penyokong tanaman agar tidak mudah roboh dalam kondisi apapun. Akar pada tanaman sawi akan tumbuh mencapai kedalam empat puluh lima (45cm) menuju kearah inti bumi, hal ini bertujuan untuk mencari sumber air dan unsur hara demi memenuhi kebutuhan bahan pakan tanaman sawi. Akar sawi memiliki warna putih kecoklatan dan ukuran akar sawi tidak begitu besar.

Fungsi Akar Tunggang

Tanaman sawi memiliki akar tunggang, berarti termaksud dalam keluarga dikotil. Karena ukuran dari akar tunggang besar serta tumbuh dalam ketanah, menjadikan akar tunggang sebagai penompang tanaman sawi agar mampu berdiri dengan kokoh.

Akar tunggang mampu menyerap air dan unsur hara yang ada ditanah demi memenuhi kebutuhan tanaman sawi dalam masa pertumbuhan dan menunjang tanaman sawi dalam proses fotosintesis.

Setiap tanaman yang memiliki akar tunggang pasti memiliki akar utama atau primer.

Bentuk Batang Sawi

Ciri ciri sawi berikutnya dapat anda perhatikan dari bentuk dan fungsi batangnya, tanaman sawi memiliki ukuran batang yang pendek dan ditumbuhi ruas dan warna batangnya putih kehijau-hijauan.

Pada umumnya semua organ tumbuhan memiliki kaitan satu sama lain. Hal ini bisa kita perhatikan dari fungsi batang sawi, batang sawi berfungsi sebagai penompang agar tanaman sawi tidak mudah roboh namun dengan bantuan dari akar sawi juga tentunya.

Didalam batang sawi terdapat dua pembuluh yaitu floem dan xilem, floem berfungsi sebagai pengakut hasil fotosintesis lalu diantarkan keseluruh tubuh dan fungsi dari xilem adalah sebagai pengangkut air serta unsur hara yang diperoleh akar untuk dibawah kedaun (fotosintesis). Fungsi batang untuk tanaman sawi secara detail dibawah ini, yaitu :

  • Pertama batang berfungsi sebagai pengakut hasil fotosintesis lalu diantarkan keseluruh organ tumbuhan
  • Kedua berfungsi sebagai pengangkut air dan unsur hara yang diperoleh dari akar lalu diantarkan kedaun untuk proses fotosintesis
  • Sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan
  • Sebagai penompang agar sawi mampu berdiri tegak dalam kondisi apapun
  • Sebagai tempat pertumbuhan daun dan bunga tanaman sawi.