Dokter, Banyak Macam Tergantung Spesialisasinya

Banyak sekali ahli kesehatan, dalam dunia medis ada sebutan khusus yaitu dokter umum dan dokter spesialis (ahli). Menurut jenjang pendidikan, dokter umum membutuhkan tambahan kuliah 3 sampai 4 tahun untuk bisa meraih predikat dokter spesialis.

Perbedaan dokter umum dengan dokter spesialis

Dokter umum adalah istilah bagi paramedis yang biasa mengobati penyakit mendadak, kondisinya bisa saja menahun (kronis). Mereka dikenal masyarakat sebagai rujukan medis pertama kali. Sedangkan dokter spesialis merupakan dokter yang memilih fokus dalam suatu bidang ilmu kedokteran tertentu.

Apa saja jenis dokter spesialis di Indonesia?

Bisa dikatakan tidak kurang orang-orang hebat di Indonesia. Kamu perlu tahu sedikit jenis-jenis dokter spesialis yang biasa terdapat di rumah sakit.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Contohnya adalah dokter spesialis jantung (Kardiolog) & inipun masih dibagi lagi menjadi beberapa ahli. Misalnya dokter bedah jantung & dokter yang menghandle masalah detak jantung. dokter spesialis jantung Lain lagi sebutan pulmonologist, adalah mereka para dokter spesialis paru.

Endokrinolog merupakan dokter yang fokus pada masalah kelenjar endokrin & hormon.

Dokter Spesialis THT

THT sendiri merupakan singkatan dari Telinga, Hidung dan Tenggorokan. Jadi dokter ini memiliki keahlian seputar penyakit yang berkaitan dengan 3 bagian tersebut. Bisa jadi ketika pasien merasakan gangguan pada hidung, dokter ini pasti akan memeriksa telinga & tenggorokan pasien tersebut.

Dokter Spesialis Anak

Dari namanya sudah dikenali, sebutan lainnya adalah pediatrik. Dokter ini sangat piawai terhadap penyakit pada anak, termasuk diagonasi penyakit genetik, cacat bawaan, dan masalah terkait tumbuh kembang anak.

Lihat : Tinggi Berat Badan Anak Ideal

Dokter Spesialis Gigi dan Mulut

Dilihat sekilas sangat jelas, betul sekali dokter spesialis ini fokus pada permasalahan gigi dan mulut. Termasuk memeriksa otot kepala, saraf kepala, rahang, gusi, lidah dan leher.

Dokter Spesialis kulit dan kelamin

Adalah para dokter yang mengurus masalah kulit dan kelamin. Termasuk jerawat, herpes, psoriasis, penyakit pada kuku, masalah kelenjar keringat, berhubungan kelenjar minyak, dan pasti kelamin.

Dokter Spesialis Mata

Menangani permasalahan pada mata, termasuk katarak dan glaukoma. Dokter ini bisa melakukan operasi bedah mata jika perlukan.

Dokter Spesialis Tulang

Sebutan lain dokter ortopedi, tapi tidak hanya menangani masalah tulang. Dokter ini bisa membantu masalah persendian, osteoporosis, otot, ligamen, tendon, saraf dan kulit termasuk pembedahan.

Dokter Spesialis Kejiwaan, Psikiater

Psikolog bertugas untuk melakukan diagnosis, bantuan terapi, hingga konseling. Masalah kejiwaan seperti serangan panik, sering halusinasi, paranoid, depresi, skizofrenia dan ganguan jiwa.

Dokter Spesialis Kandungan

Seorang ginekolog bisa menangani masalah reproduksi wanita, termasuk mencegah penyakit, kehamilan serta persalinan.

Dokter spesialis saraf

Disebut juga seorang neurologis, bisa membantu penanganan masalah otak hingga saraf tulang belakang. Dokter ini bisa melakukan pembedahan jika perlukan.

Itulah beberapa jenis dokter spesialis dengan keahlian tertentu. Kamu punya masalah kesehatan seperti apa ? jangan ditunda nanti tambah parah, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk konsultasi langsung dengan dokter terkait masalah yang diderita. Dengan aplikasi ini kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja!


Related Posts

Published by

kuat

kuat

Untuk menjadi pribadi yang kuat & sehat diperlukan kemauan. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman pribadi & sebagian berdasarkan sumber terbaru & bisa dipercaya.

Tulisan disini tidak memperjual belikan obat atau jasa pengobatan.